Belajar Memercayai Orang Lain, Ini 6 Tips Buat Kamu yang Punya Trust Issue

Memercayai orang lain
Memercayai orang lain. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Ketika kepercayaan rusak, seringkali menjadi lebih sulit untuk membuatmu memercayai orang lain di masa depan. Namun, masalah kepercayaan atau trust issue juga bisa merugikan Kamu dalam jangka panjang karena masalah tersebut menghalangimu untuk terhubung dengan orang lain atau menerima dukungan saat kamu membutuhkannya.

Tidak bisa memercayai orang lain dapat memengaruhi persahabatan dan hubungan romantismu, jadi jika kepercayaan adalah masalah bagimu, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis tentang masalah ini. Seorang ahli kesehatan mental dapat membantu dengan mengajarimu cara memercayai orang lain dan membentuk hubungan yang sehat dengan mereka.

Tidak bisa memercayai orang lain tidak hanya memengaruhi perilakumu; hal ini juga dapat berdampak negatif pada cara orang lain meresponsmu.

Baca Juga:Sulit Memercayai Orang Lain, 5 Alasan Trust Issue Ini Jelaskan KepadamuSulit Percaya pada Orang Lain, Trust Issue Jelaskan Alasannya

Penelitian menunjukkan bahwa orang lain cenderung merespons dengan lebih negatif ketika mereka tahu bahwa lamu tidak memercayai mereka. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengetahui bahwa orang lain tidak memercayai mereka merasakan lebih banyak emosi negatif, memiliki opini lebih rendah terhadap orang yang tidak memercayai mereka, dan kurang suka berperilaku altruistik terhadap orang yang tidak dapat memercayai mereka.

Hal ini juga dapat mempengaruhi kesediaan orang untuk bertindak dalam situasi sosial. Jika kamu tidak memercayai orang lain, kecil kemungkinanmu berinteraksi dengan mereka. Konsekuensi dari hal ini sering kali adalah berkurangnya peluang sosial, berkurangnya hubungan, berkurangnya dukungan sosial, dan pada akhirnya, berkurangnya peluang bagi orang lain untuk mendapatkan kepercayaanmu.

Bagaimana Mulai Memercayai Orang Lain

Meskipun kamu merasa sulit memercayai orang lain, beberapa strategi dapat membantumu mempelajari cara membentuk hubungan yang lebih baik dan menjadi lebih percaya dalam berbagai situasi.

Mulai dari yang Kecil

Carilah cara-cara kecil untuk memercayai orang lain. Kepercayaan selalu merupakan masalah derajat. Kamu mungkin memercayai beberapa orang dalam beberapa hal, tetapi tidak dalam hal lain.

Cara yang baik untuk menjadi lebih percaya adalah dengan mendorong dirimu sendiri untuk memercayai orang lain dalam jumlah kecil sampai kamu dapat memercayai sesuatu yang lebih penting. Begitu seseorang membuktikan dirinya mampu mendapatkan kepercayaanmu dalam hal-hal kecil, kamu mungkin akan merasa lebih nyaman bergantung pada mereka.

0 Komentar