Belajar Memercayai Orang Lain, Ini 6 Tips Buat Kamu yang Punya Trust Issue

Memercayai orang lain
Memercayai orang lain. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Tetap Positif

Cobalah untuk optimis terhadap orang lain. Mulailah dengan keyakinan bahwa ada orang baik di luar sana. Mendekati situasi sosial dengan pikiran terbuka dan pola pikir optimis dapat membantumu mengurangi rasa tidak percaya pada orang lain secara umum.

Percayalah dengan Hati-hati

Jika kamu terlalu mudah percaya, kamu mungkin akan menghadapi kekecewaan. Jadi mulailah dengan belajar memercayai orang lain sesuai dengan kebutuhan.

Dalam banyak kasus, hal ini mungkin melibatkan kepercayaan yang lebih dangkal berdasarkan serangkaian harapan yang disepakati bersama. Kamu memercayai mekanik kamu untuk memperbaiki mobilmu, dan mereka memercayaimu untuk membayar mereka atas pekerjaan yang telah mereka lakukan. Dalam kasus lain, kamu mungkin menemukan bahwa beberapa orang telah membuktikan diri mereka dapat dikamulkan, jujur, dan layak kamu percayai.

Baca Juga:Sulit Memercayai Orang Lain, 5 Alasan Trust Issue Ini Jelaskan KepadamuSulit Percaya pada Orang Lain, Trust Issue Jelaskan Alasannya

Berhati-hati dan memvariasikan tingkat kepercayaanmu tergantung pada kedekatan hubungan adalah praktik yang baik.

Bicaralah dengan Terapis

Jika kurangnya kepercayaanmu pada orang lain memengaruhi kemampuanmu untuk berfungsi secara normal atau menyebabkan tekanan, kamu harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental. Beberapa pendekatan terapi berbeda dapat membantumu mengatasi pikiran negatif mendasar yang mungkin memengaruhi kemampuanmu untuk percaya.

Seorang terapis juga dapat membantumu mempraktikkan situasi sosial dan mengembangkan keterampilan mengatasi masalah baru yang mungkin berguna dalam mempelajari cara memercayai orang lain. Selain itu, hubungan terapeutik dengan terapismu juga bisa menjadi kesempatan bagus untuk belajar dan berlatih memercayai orang lain.

Belajar memercayai orang lain lagi membutuhkan waktu. Memulai dari hal kecil, mempertahankan pola pikir optimis, dan berbicara dengan ahli kesehatan mental adalah strategi yang dapat membantu.

Merasa tidak memercayai orang lain dapat merusak kemampuanmu dalam menjalin hubungan, mendapatkan bantuan saat kamu membutuhkannya, dan berpartisipasi penuh dalam komunitas. Meskipun tingkat kepercayaanmu berbeda-beda tergantung pada pengalaman sosialmu adalah hal yang wajar, kurangnya kepercayaan yang signifikan mungkin merupakan tkamu adanya masalah yang lebih serius.

0 Komentar