5 Efek Keterbukaan Terhadap Berbagai Aspek Kehidupan, Pahami dan Pertimbangkan untuk Meningkatkan Keterbukaanmu

Efek keterbukaan
Efek keterbukaan. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Akan ada efek keterbukaan yang kamu miliki di mana dapat memengaruhi caramu berperilaku, juga memengaruhi jenis aktivitas yang kamu pilih. Berikut beberapa efek keterbukaan perlu dipertimbangkan.

Untuk memahami keterbukaan dengan lebih baik, kamu bisa mengeksplorasi artikel berikut ini.

Efek Keterbukaan Terhadap Kehidupan Manusia

Kreativitas dan Inovasi

Efek keterbukaan terhadap pengalaman adalah sifat kepribadian yang menurut penelitian paling erat kaitannya dengan kreativitas. Orang yang memiliki tingkat keterbukaan yang tinggi cenderung lebih kreatif secara umum, serta lebih cenderung mengejar pencapaian kreatif, terlibat dalam pemikiran divergen, dan mengambil bagian dalam hobi kreatif.

Baca Juga:Jawab 12 Pertanyaan Ini untuk Menentukan Level Sifat Keterbukaan yang Kamu MilikiRendah Atau Tinggi, Ini 6 Karakteristik Sifat Terbuka dalam Diri Manusia

Penelitian juga secara kuat menghubungkan efek keterbukaan psikologis dengan kemungkinan lebih besar untuk melakukan inovasi terobosan. Inovasi terobosan adalah inovasi yang menghasilkan dampak dramatis, seperti mengubah dinamika industri atau mengubah pasar tertentu.

Pembelajaran dan Pengetahuan

Orang yang terbuka cenderung memiliki tingkat motivasi intrinsik yang lebih tinggi untuk mengejar pengetahuan demi kepentingannya sendiri. Mereka ingin tahu tentang dunia dan ingin belajar lebih banyak tentang cara kerjanya.

Efek keterbukaan juga dikaitkan dengan apa yang dikenal sebagai ‘kebutuhan akan kognisi’. Kebutuhan akan kognisi adalah kecenderungan untuk melakukan aktivitas yang memerlukan pemikiran, termasuk memikirkan ide-ide dan terlibat dalam tugas-tugas yang kompleks secara mental.

Orang dengan kebutuhan kognisi yang tinggi senang memecahkan teka-teki, bertukar pikiran tentang solusi masalah, dan menganalisis ide.

Penelitian menambahkan bahwa sifat ini tidak hanya berkorelasi dengan kecerdasan, tetapi juga kecerdasan yang terkristalisasi secara khusus. Jenis kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk menggunakan semua fakta dan pengetahuan yang diperoleh seseorang sepanjang hidup.

Sikap Politik

Efek keterbukaan yang kamu miliki juga dapat memengaruhi pendirianmu secara politik. Orang dengan tingkat keterbukaan yang tinggi cenderung lebih liberal. Mereka lebih terbuka dan menerima orang lain dari latar belakang sosial, budaya, dan agama yang beragam. Sebaliknya, keterbukaan yang rendah dikaitkan dengan otoritarianisme sayap kanan dan konservativisme.

Pada saat yang sama, penting untuk diingat bahwa perkembangan keyakinan politik tertentu jauh lebih kompleks daripada ciri kepribadian tunggal. Misalnya saja, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sikap politik mungkin juga dipengaruhi oleh susunan genetik seseorang.

0 Komentar