Duta Genre Kota Pekalongan Tahun 2023 Diharap Jadi Penggerak Sukseskan Program Bangga Kencana

Duta Genre Kota Pekalongan
Walikota HA Afzan Arslan Djunaid SE beserta Ketua TP PKK, Inggit Soraya bersama Duta Genre terpilih sedang berfoto bersama. (Radarpekalongan.id)
0 Komentar

Sementara itu, Kepala BKKBN RI, dr Hasto Wardoyo menyampaikan, sesuai arahan Presiden Jokowi, para Duta Genre ini adalah calon-calon keluarga baru berkualitas yang membangun keluarga dari sisi kuantitas jumlah 2 anak cukup.

Hasto mengapresiasi atas prestasi Kota Pekalongan yang telah mendorong perempuan-perempuan di wilayahnya ini rata-rata melahirkan anaknya tidak mencapai 2,0. Jumlah ini dibawah rata-rata nasional 2,18. Sehingga, setelah berhasil menekan jumlah anak, kemudian BKKBN diminta untuk meningkatkan kualitas agar anak-anak yang dilahirkan tidak stunting. Pada kesempatan tersebut, Hasto juga menyerahkan penghargaan

Walikota HA Afzan Arslan Djunaid SE menghadiri Malam Grandfinal Duta Genre Kota Pekalongan Tahun 2023, berlangsung di Hotel Howard Johnson Pekalongan.(Radarpekalongan.id)

Baca Juga:Berhasil Sukseskan Program Bangga Kencana, Walikota Aaf Beserta Istri Terima Penghargaan dari BKKBN RIAdaptasi Perubahan Iklim, Kelurahan Panjang Baru Rencanakan Aksi Bersih Pantai

“Seluruh duta Genre nanti mempunyai tugas yakni menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan 4 program tadi sehingga menghasilkan generasi yang lebih berkualitas,”tuturnya.

Hasto berharap, Duta Genre yang terpilih bisa menjadi pionir ditengah masyarakat, termasuk melaksanakan tugas sebagai mitra dalam membantu pemerintah khususnya mencegah pernikahan usia anak dan Stunting. Duta Genre selalu mengkampanyekan ’21 25′, dimana diartikan bahwa untuk usia siap nikah pada wanita minimal 21 tahun, sementara untuk pria 25 tahun.

Hasto menyebutkan, berdasarkan data situs siapnikah.org dari BKKBN RI, untuk periode Januari sampai Agustus 2023 tercatat 59 orang. Dimana, dari jumlah itu yang mengisi aplikasi Elsimil (mencatatkan HB, lingkar lengan, dan sebagainya) baru 15 orang. Dari yang mengisi Elsimil tadi, yang mengalami anemia atau Hbnya kurang masih diatas 20 persen, yang lingkar lengannya kurang dari batas 23,5 cm masih ada sekitar 26 persen.

“Semangat Kota Pekalongan untuk mendorong dan menyukseskan program Bangga Kencana melalui Pemilihan Duta Genre Kota Pekalongan kami apresiasi. Duta Genre Kota Pekalongan diharapkan akan menjadi mitra BKKBN untuk mendukung pelaksanaan program, khususnya program Genre dengan sasaran para remaja agar bisa menyosialisasikan dan mengedukasi para remaja lain untuk bisa melaksanakan atau mendukung program BKKBN dalam mempersiapkan kehidupan mereka yang lebih baik, yang positif khususnya untuk program-program yang menjadi substansi dari program Genre. Dengan begitu, ke depan mereka bisa menjadi pemimpin berkualitas dan berdaya saing dan potensial, tidak hanya di daerah tapi juga nasional dan internasional,” tegasnya.

0 Komentar