Tender Selesai, Pembuatan Taman Alun-Alun Sisi Utara Segera Dimulai

Tender Selesai, Pembuatan Taman Alun-Alun Sisi Utara Segera Dimulai
Joko Purnomo Kepala DLH Kota Pekalongan
0 Komentar

KOTA – Tender atau lelang pekerjaan pembuatan Taman Alun-Alun sisi utara sudah selesai. Penandatanganan kontrak pekerjaan fisik senilai Rp1,264 miliar dari APBD 2023 ini juga sudah dilakukan pada 18 September lalu.

Dengan telah selesainya proses tender dan sudah penandatanganan kontrak (SPK), maka pekerjaan fisiknya diharapkan akan segera dimulai dalam waktu dekat ini.

“Minggu terakhir September ini rencana pekerjaan dilakukan sampai dengan akhir tahun 2023,” Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan, Joko Purnomo, baru-baru ini.

Baca Juga:169.976 Batang Rokok Ilegal Disita Satpol PPPemkot Pekalongan Kembali Gelar Pekan Olahraga Antar Kelurahan

Joko mengungkapkan, sejak awal pra kontrak meeting pihaknya mengimbau kontraktor untuk menyiapkan buku direksi, buku tamu, papan nama, melakukan pengukuran ulang, dan menggeser pagar bagian utara turun ke jalan.

“Sebelumnya pada pertengahan proyek diturunkan, sekarang di awal untuk diturunkan dulu setengah sampai satu meter,” kata Joko.

Pagu anggaran paket pekerjaan pembuatan Taman Alun-Alun sisi Utara ini sebesar Rp1,269 miliar, bersumber dari APBD Kota Pekalongan tahun 2023.

Merujuk informasi pada lpse.pekalongankota.go.id, proses lelang telah dimenangkan oleh CV Pratama M Zen, dengan nilai kontrak Rp1,264 miliar. Adapun lama pekerjaan ditargetkan rampung dalam waktu tiga bulan.

Untuk rencana desain penataan Alun-alun sisi utara ini akan dibuat seimbang dengan yang sisi selatan. Hanya saja, di sisi utara tidak ada payung besi berbentuk daun.

Di Alun-alun sisi utara ini, ungkap Joko, nantinya akan lebih diperbanyak pepohonan atau tanamannya. Nantinya juga akan ada halte untuk pemberhentian mobil perpustakaan keliling, sehingga lokasi tersebut juga akan difungsikan sebagai pojok baca.

Sebelumnya, Pemkot Pekalongan melalui DLH sudah rampung menata Alun-Alun sisi selatan, menggunakan APBD 2022, dengan anggaran sekitar Rp1,1 miliar. Saat ini Alun-Alun sisi selatan sudah lebih cantik dan rapi dan sudah banyak dimanfaatkan warga untuk area bersantai, bermain, maupun sekadar foto-foto.

Baca Juga:Petani Tewas Terbakar di SawahInggit Lantik Ketua TP PKK dan Bunda PAUD di Tiga Kelurahan

Pemkot Pekalongan sebelumnya juga telah menata kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan, dimulai di sisi barat pada tahun 2018, kemudian sisi timur pada tahun 2019. Jika Alun-Alun sisi utara sudah selesai ditata ulang, maka penataan tinggal menyisakan yang sisi tengah. (way)

0 Komentar