5.000 Santri Kendal Siap Meriahkan Peringatan HSN Tahun 2023

5.000 Santri
RAKOR HSN - Sekda Kendal, Sugiono, saat memimpin rakor penyelenggaraan HSN tahun 2023 tingkat Kabupaten Kendal, Rabu (27/9/2023) lalu di Ruang Ngesti Widhi Setda Kendal.
0 Komentar

Terkait pelaksanaan upacara HSN nanti, Sekda menyebut pesertanya hadir dari pondok pesantren di Kecamatan Kendal dan sekitarnya. Pada upacara yang dilaksanakan di Alun-alun Kendal mulai pukul 07.00 WIB tersebut, Bupati Dico M Ganinduto akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Prinsipnya, Pemkab Kendal siap mensupport tempat termasuk pelaksanaan halaqoh di Pendopo Kabupaten Kendal pada 18 Oktober besok,” ungkap Sekda Sugiono didampingi Kepala Baperlitbang Izzudin Latif, Kabag Kesra Muh Arif Masrukhin, Kabag Umum M Fadhlulloh, dan Kabag Protokol Dhian Ari Nugroho, seperti dilansir portal pcnukendal.com pada 28 Oktober 2023 lalu.

Untuk pelaksanaan karnaval dan hiburan, kegiatan ini dikoordinatori langsung Kepala Baperlitbang Kendal, Izzudin Latif. Dia menjelaskan, pawai atau karnaval akan dilaksanakan dengan start dari Stadion Utama Kebondalem dengan rute ke arah utara menuju Jalan Pemuda – Jalan Habibroyo – Jalan Soekarno Hatta – dan finish di Alun-alun Kendal.

Baca Juga:Kelurahan Tirto Dominasi Juara Porkel Tahun 2023Dorong Kiprah dan Kebermanfaatan Perpusmas

“Pelaksanaan secara teknis terkait lomba-lomba, upacara, pawai atau karnaval, hiburan, bazar/pameran akan dirapatkan tersendiri oleh seksi masing-masing,” terangnya.

Sementara terkait kegiatan pengajian, sholawat, dan ziarah, Kabag Kesra Setda Kendal, Arif Masrukhin yang ditunjuk sebagai koordinator, menyampaikan bahwa kegiatan ziarah diagendakan pelaksanaannya pada tanggal 19 Oktober dengan tiga lokasi tujuan, yakni Makam Sunan Abinawa Pekuncen Pegandon, dilanjutkan ke Makam Kyai Guru di Protomulyo Kaliwungu dan Makam Wali Gembyang di Patukangan Kendal.

“Para imam ziarah direncanakan KH Izzudin Abdussalam, KH Asroi Thohir, dan KH Idris Nur. Rombongan ziarah diikuti forkopimda, OPD terkait dan panitia,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah perlombaan juga telah disiapkan untuk mengisi rangkaian peringatan HSN 2023. Beberapa di antaranya, yakni lomba kitab (14 – 15 Oktober), lomba rebana/hadhrah di rumah dinas Bupati Kendal (15 Oktober), lomba MTQ (15 Oktober), lomba MHQ (15 Oktober), lomba pencak silat (16-17 Oktober), dan lomba tumpeng di halaman parkir Gedung C Setda (22 Oktober).

Untuk lomba kitab terdiri dari Mabadi fiqih Juz 3, Aqidatul awam, Safinatun naja, Jurumiyah, Fatkhul Qorib, Imrithi, Bulughul Marom, Fatkhul Muin, Alfiyah Ibnu Malik, dan tafsir Jalalain. Sedangkan lomba MHQ terdiri dari juz 30 dan juz 1- 10. (red/sef)

0 Komentar