Sinergi Bersama Obah Nangani Sampah

Obah Nangani Sampah
BERSIHKAN - Kelurahan Sokoduwet menggerakkan seluruh unsur masyarakat setempat untuk bersih-bersih lingkungan.
0 Komentar

“Alhamdulillah kami sangat mendukung kegiatan positif seperti ini dalam rangka bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah. Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan tidak kami bakar, namun kami kumpulkan di satu titik agar bisa langsung diangkut oleh armada dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujar Rusmani.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 16 Kota Pekalongan, Dwiani Arbiyanti. Dia yang menyambut baik adanya kegiatan ini dengan melibatkan para peserta didiknya. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus mengkolaborasikan kegiatan Jumat Bersih yang biasa dilakukan SMP Negeri 16 Kota Pekalongan untuk bergerak bersama menjaga kebersihan lingkungan, tidak hanya di lingkungan sekolah saja melainkan juga di lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal.

“Dalam kegiatan ini kami menyambut baik atas kolaborasi yang terjalin antara sekolah selaku akademisi dengan kelurahan dan kecamatan setempat. Mengingat di sekitar Jalan Ampera ini kami masih sering menjumpai banyak sampah yang sengaja dibuang oleh oknum tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, kami berupaya mengerahkan peserta didik kami untuk bersama-sama menjaga dan membersihkan lingkungan,” ungkap Dwiani.

Baca Juga:Kasus Diabetes Melitus MeningkatASN Diminta Jaga Netralitas Saat Pemilu Serentak 2024

Ratusan peserta didik SMP Negeri 16 Kota Pekalongan yang dilibatkan dalam kegiatan bersama kelurahan Sokoduwet ini berjumlah 507 anak terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX. Kegiatan Obah Nangani Sampah ini, kata Dwiani, bisa dijadikan suatu pembiasaan yang baik bagi masyarakat terutama para pelajar sebagai generasi muda untuk mencintai dan sadar akan kebersihan lingkungan sekitar.

“Anak-anak peserta didik kami minta untuk membawa alat kebersihan dan plastik sampah dari rumah untuk mengambil dan merapikan sampah yang berserakan untuk dibuang di tempat sampah sebagaimana mestinya. Kami juga telah membiasakan anak-anak untuk pilah sampah, memfasilitasi tong sampah untuk kegiatan pilah sampah baik untuk sampah organik maupun anorganik,” pungkasnya.(nul)

0 Komentar