Semarak Syiar Hari Santri Nasional 2023

0 Komentar

BUARAN – Hari Santri yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden No.22 pada tanggal 22 Oktober merupakan momen penting khususnya bagi para santri di seluruh Indonesia. Hal ini berkaitan dengan turut sertanya para ulama dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Untuk menyambut moment tersebut, Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Buaran Pekalongan menggelar semarak syair Hari Santri Nasional (HSN) 2023 pada hari Jumat (20/10/2023).

Disampaikan Ketua panitia Kegiatan Muhammad Syarifudin bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat juang generasi NU, membangun santri yang berakhlakul Karimah serta menjalin silaturahmi antar warga Nahdliyyin se Kecamatan Buaran dan melatih kedisiplinan diri.

“Pada moment HSN 2023 ini kita tidak hanya melibatkan masyarakat secara umum saja, namun juga mengikutsertakan Perwakilan PR NU se Kecamatan Buaran, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren se kecamatan buaran serta MI, MTs, MA, SMK se Kecamatan Buaran,” ungkap Pak Syarif sapaan akrabnya.

Baca Juga:Pasar Limpung Kabupaten Batang KebakaranDrumband Akmil dan Parade Alutsista Meriahkan Pawai Pajang Jimat

Diantara rangkaian kegiatan yang digelar oleh MWCNU Kecamatan Buaran dalam memperingati HSN 2023 adalah lomba pembacaan berzanzi, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) serta seminar keaswajaan.

“Kenapa adanya HSN? Karena santri lebih diutamakan mengambil Khidmah, karena para ahli Khidmah cenderung lebih cepat mendapatkan karomah. Sepintar apapun manusia, ketika tidak punya literasi keagamaan itu menjadi persoalan, oleh karena itu santri belajar bagaimana pemahaman intelektual hingga keluar nanti akan menjadi pionir di masa yang akan datang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini warga Nahdiyin memiliki semangat juang Resolusi Jihad yang digelorakan KH. Hasyim Asy’ari serta meningkatkan motivasi berorganisasi NU dalam menjaga dan melestarikan faham dan tradisi ahlus sunnah wal jamaah. (mal)

0 Komentar