KOTA – Sebagai upaya untuk menggali potensi peserta didiknya, puluhan siswa SLB PRI Kota Pekalongan diberikan pelatihan membuat kreasi kerajinan tangan dari benang rajut, tampak dari raut wajah seluruh siswa senang dan antusias. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan komunitas Gerakan Peduli Anak Disabilitas (GPAD) setempat.
Waka Kesiswaan SLB PRI Kota Pekalongan, Siti Nadhiroh menyebutkan peserta merupakan siswa jenjang pendidikan SMP dan SMA penyandang disabilitas tunagrahita ringan dan tuna wicara sebanyak 25 peserta. “Di kesempatan ini, anak-anak kami latih untuk membuat gelang dan konektor hijab, pelatihan merajut ini merupakan pengalaman pertama mereka,” katanya.
Pelatihan tersebut dikemas dalam mata pelajaran keterampilan yang dibagi menjadi 3 sesi pertemuan yakni Jumat (13/10) dan Kamis hingga Jumat (19-20/10).
Baca Juga:Gempur Stunting di Batang, Bank Jateng Sumbang CSR Rp 1 MiliarDindik Kota Pekalongan Siapkan Regulasi Satgas dan Tim PPKS
Dikatakan Siti selain pelatihan merajut, pihaknya juga membekali keterampilan lain diantaranya melukis, membatik, tata boga dan daur ulang barang bekas jadi barang kerajinan. “Selain memberikan ilmu melalui mata pelajaran, kami juga ingin setelah lulus nanti mereka punya keterampilan, harapannya siswa kami bisa memanfaatkannya dan mampu membuat suatu karya atau produk,” sambungnya.
Sementara itu, Agus Prasetyo selaku founder komunitas GPAD Kota Pekalongan menjelaskan bahwa komunitas ini berdiri sejak 23 April 2016 dimana secara intensif melakukan berbagai kegiatan di bidang pendidikan, sosial konseling, agama, fundraising hingga program kegiatan public relation, “Untuk pelatihan merajut yang kami berikan ini tujuannya untuk menggali potensi siswa SLB disini sesuai dengan minat mereka masing-masing,” tandasnya.
Diharapkan pengetahuan dan keterampilan merajut bisa menambah keterampilan hidup (life skill) yang mampu mereka kembangnkan dan berguna bagi siswa untuk digunakan usai menyelesaikan pendidikan formal, “Hadirnya kami merupakan bentuk keprihatinan kami, non disabilitas saja banyak mengalami hambatan akses bekerja apalagi disabilitas pasti juga terhambat mendapat kesempatan kerja, harapannya setelah selesai pendidikan formal mereka tidak bingung mau ngapain, mereka bisa menggunakan ketrampilan ini untuk bertahan hidup dengan penghasilan mereka sendiri,” pungkasnya. (mal)