Dangkal dan Penuh Sampah, Aliran Sungai AJi Sepanjang 1 Km Dinormalisasi

Sungai Aji
BERSIHKAN SAMPAH - Personel gabungan dari lintas sektoral bersama-sama membersihkan aliran Sungai Aji Kaliwungu dari sampah yang menumpuk, Rabu (8/11/2023).
0 Komentar

Menanggapi laporan warga terkait banyaknya sampah yang menumpuk sepanjang Sunga Aji, petugas gabungan dari PSDA, BPBD, TNI-Polri, DLH hingga DPUPR pun melakukan pembersihan tumpukan sampah. Kegiatan pembersihan tersebut dilakukan dengan alat sederhana, kemudian dikumpulkan untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala DLH Kendal, Aris Irwanto mengatakan, sampah sudah pernah dibersihkan bulan juni lalu. Namun memasuki musim penghujan banyak sampah yang terbawa arus sungai, akibat masyarakat yang membuang sampah di sungai.

Berbagai jenis sampah seperti ranting dan batang pohon hingga kasur dan berbagai macam material menumpuk dan menyumbat aliran Sungai Aji sekaligus menahan sampah. “Iini menjelang musim hujan kita dapat laporan dari warga bahwa kali aji ini banyak sampahnya, sehingga kami bersama dinas terkait melakukan pembersihan sampah,” ujar Aris.

Baca Juga:27 Kelurahan Ditarget Jadi Desa Cinta Statistik pada 2024-2025Penyidikan Perkara Korupsi Peserta Pemilu Ditunda

Mengantisipasi luapan sungai karena aliran tersumbat sampah, pihaknya mengerahkan ratusan personil gabungan untuk membersihkan sampah sepanjang Sungai Aji. Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarang, apalagi membuangnya di sungai yang bisa memicu luapan banjir. (sef)

0 Komentar