Kapolres Bersama Forkopimda Ziarah di Makam Pahlawan

Forkopimda ziarah
TABUR BUNGA - Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi tabur bunga saat ziarah di TMP Bhakti Wiratama Bojong. Foto: Hadi Waluyo.
0 Komentar

KAJEN – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2023, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi bersama Forkopimda ziarah di makam pahlawan Bhakti Wiratama Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jumat (10/11/2023).

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi bertindak sebagai inspektur upacara dalam ziaran nasional tingkat Kabupaten Pekalongan di TMP Bhakti Wiratama Bojong.

Sejenak, para peserta upacara menyempatkan waktu guna menyematkan rasa syukur serta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dengan mengikuti kegiatan apel penghormatan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama.

Baca Juga:Pemkab Petakan UMKMBantu Entaskan Stunting, BPI Diganjar Penghargaan

Rangkaian kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di monumen TMP oleh Kapolres, penghormatan terakhir, dan pembacaan doa. Selanjutnya, penaburan bunga oleh Kapolres beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Pekalongan di pusara para pahlawan.

AKBP Wahyu Rohadi menyampaikan tujuan ziarah dan tabur bunga ini sebagai tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kita tidak akan berada di posisi sekarang ini, tanpa ada perjuangan pahlawan,” ujarnya.

Menurut Kapolres, para penerus bangsa harus bersyukur dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. “Kita di sini hadir untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar dia.

Upacar Hari Pahlawan

Sebelumnya, upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2023 telah digelar di halaman Mapolres Pekalongan. Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi.

Upacara diikuti oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy, para kabag Polres Pekalongan, kasat, kapolsek jajaran, perwira Polres Pekalongan, bintara serta ASN Polres Pekalongan.

Sebagai inspektur upacara, AKBP Wahyu Rohadi dalam kesempatan itu membacakan amanat dari Menteri Sosial RI. Disampaikan, Hari Pahlawan ke-78 diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

Ia mengatakan, tema tersebut diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

0 Komentar