KPU Batang Intensif Lakukan Disinfeksi Gudang Logistik Pilkada, Cegah Kerusakan oleh Serangga

KPU Batang Intensif Lakukan Disinfeksi Gudang Logistik Pilkada, Cegah Kerusakan oleh Serangga
NOVIA ROCHMAWATI SEMPROT - Petugas Dinkes Batang saat menyemprot cairan insektisida di Gudang KPU Batang
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang gencar melakukan penyemprotan disinfektan dan pengasapan di gudang penyimpanan logistik Pilkada.

Langkah ini dilakukan secara intensif dengan bantuan petugas Dinas Kesehatan setempat, untuk menjaga kualitas logistik dari gangguan serangga dan hewan pengerat.

Sekretaris KPU Batang, Murtadho, mengatakan bahwa penyemprotan dimulai sejak sebelum logistik tiba hingga setelahnya, sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga:Bus Rombongan Pengantin Terguling di Pekalongan, Dua Tewas dan Belasan TerlukaSatpol PP Batang Tegas Tertibkan PKL di Trotoar Jalan Yos Sudarso

“Penyemprotan dan pengasapan penting dilakukan mengingat gudang terletak berdekatan dengan area persawahan. Apalagi, sawah baru saja dipanen, sehingga rawan serangga masuk ke gudang,” ujarnya pada Jumat, 18 Oktober 2024, usai memantau pengasapan di Gudang KPU Batang.

Gudang yang luasnya mencapai 2.000 meter persegi ini, menurut Murtadho, disemprot secara rutin. Meskipun dilakukan pengasapan, logistik tetap aman karena dilindungi dengan terpal.

“Pengasapan insektisida dan penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara berkala sambil menunggu pengiriman logistik berikutnya,” tegasnya.

Sementara itu, Epidemiolog Dinas Kesehatan Batang, Suwandi, menjelaskan bahwa langkah pengasapan dilakukan berdasarkan permintaan KPU.

“Dosis insektisida yang digunakan sudah disesuaikan agar tidak mengganggu kesehatan orang di sekitarnya,” katanya.

Pengasapan ini menjadi yang pertama dilakukan di gudang KPU Batang, dan jika diperlukan, tindakan serupa akan dioptimalkan untuk memastikan logistik Pilkada terlindungi dari serangga yang bisa merusak barang-barang penting tersebut.

0 Komentar