Desa Kaliayu Sukses Bangun Irigasi P3-TGAI Berkat Dana Aspirasi DPR RI

Desa Kaliayu Sukses Bangun Irigasi P3-TGAI Berkat Dana Aspirasi DPR RI
ACHMAD ZAENURI P3-TGAI - Pemdes Kaliayu Kecamatan Cepiring laksanakan pembangunan P3-TGAI di Blok Tayu, Senin 21 Oktober 2024.
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, KENDAL – Desa Kaliayu, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, berhasil menyelesaikan pembangunan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) berkat dana aspirasi yang disalurkan oleh anggota DPR RI, H. Fadholi.

Program ini merupakan bagian dari padat karya tunai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertujuan meningkatkan kinerja layanan irigasi dan mendukung kedaulatan pangan.

Pembangunan infrastruktur irigasi di Desa Kaliayu dilaksanakan di Blok Tayu dengan melibatkan masyarakat setempat, khususnya petani, melalui skema swakelola oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Proyek ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian petani dalam mengelola jaringan irigasi.

Baca Juga:Viral Panwascam Foto Bareng Cagub, Bawaslu Batang Beri Sanksi TegasPemkot Pekalongan Ajak Warga Bersihkan Eceng Gondok di Sungai Loji Lewat Program Padat Karya

“Alhamdulillah, Pemerintah Desa Kaliayu mendapatkan bantuan melalui program P3-TGAI, dan kita realisasikan pembangunan senderan irigasi di Blok Tayu sepanjang 280×2 meter, yang dikerjakan di kedua sisi,” ungkap Kepala Desa Kaliayu, Ahmad Jazuri, Senin, 21 Oktober 2024.

Jazuri menambahkan, program ini sangat membantu para petani di Desa Kaliayu, yang memiliki dua area persawahan. Sebelumnya, pada tahun 2022, salah satu area sudah dibangun menggunakan dana desa (DD), dan kini area lainnya di Blok Tayu dapat dibangun berkat P3-TGAI.

“Atas manfaat yang kami terima, kami mengucapkan terima kasih kepada H. Fadholi yang telah menyalurkan dana aspirasi ini demi kesejahteraan petani,” kata Jazuri.

Ia berharap di masa mendatang, program ini dapat berlanjut dan mencakup area irigasi lain yang belum tersentuh, sekitar satu kilometer lebih. “Semoga tahun depan bisa berkelanjutan dan terus memberi manfaat bagi warga kami, terutama para petani,” tutupnya.

0 Komentar