Peringati Hari Santri Nasional di Sapuro, Cawalkot Muhtarom Lepas Jalan Sehat

hari santri nasional
JALAN SEHAT - Dengan didampingi isteri, dan Wakilnya H Makmur Sufyan Mustofa, Calon Wali Kota H Muhtarom SSa melepas peserta jalan sehat di Sapuro.
0 Komentar

PEKALONGAN – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024, Pengurus NU Ranting Sapuro beserta badan otonom dan warga setempat merayakannya dengan menggelar acara jalan sehat, Selasa (22/10/2024).

Dalam kegiatan yang diikuti ratusan warga itu, Calon Wali Kota H Muhtarom SSa melepas peserta jalan sehat, dengan didampingi isteri dan Bakal Calon Wakil Walikota, Makmur Sufyan Mustofa.

Muhtarom mengatakan, Hari Santri Nasional yang diperingati setiap 22 Oktober di seluruh Indonesia mengingatkan peran penting santri dan pondok pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sekaligus mengenang sejarah perjuangan umat Islam di Indonesia.

Baca Juga:Peduli Ratusan Lansia dan Disabilitas, Plt Wali Kota Salahudin Salurkan Bansos SembakoKolaborasi Dengan Kejaksaan, Dindik Cegah dan Tangani Kekerasan Anak di Satdik

“Makanya hari santri merupakan momentum pengingat perjuangan santri dalam memerdekakan bangsa dan menjaga keutuhan bangsa hingga kini. Santri harus bermental pejuang bukan pecundang,” tegasnya.

Sejarah mencatat bahwa peran pesantren sebenarnya telah dimulai sejak era pra-revolusi, yakni ketika banyak dari kiai yang memimpin pergerakan dan peperangan melawan penjajah, seperti Kiai Mojo dalam Perang Diponegoro hingga Kiai Abbas dalam perang 10 November.

“Pada era sekarang ini, para santri harus mampu mengaktualisasikan perjuangannya. Santri harus mampu menunjukkan kemampuan dlm mempimpin sehingga membawa kesehahteraan masyarakat lahir batin,” pesannya.

Sementara itu, Korcam Pekalongan Barat, Marhani menyebut, peringatan hari santri disambut suka cita warga Sapuro dengan menggelar jalan sehat. Terlihat orang tua, muda, remaja dan anak-anak ikut jalan sehat. “Pastinya ini jalan sehat ini, sangat menyenangkan,” pungkasnya. (dur)

0 Komentar