Investasi di Batang Tembus Rp4,7 Triliun, Lampaui Target Dua Kali Lipat

Investasi di Batang Tembus Rp4,7 Triliun, Lampaui Target Dua Kali Lipat
M. DHIA THUFAIL PENJELASAN - Plt Kepala DPMPTSP Batang, Sri Purwaningsih, usai menjelaskan capaian investasi di Kabupaten Batang sampai triwulan III tahun 2024, Jumat 25 Oktober 2024.
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang berhasil mencatatkan nilai investasi sebesar Rp4,7 triliun pada triwulan ketiga 2024, melampaui target awal yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar Rp2 triliun.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batang, Sri Purwaningsih, menyatakan bahwa capaian ini mengindikasikan Batang sebagai wilayah yang semakin diminati investor.

“Ini adalah hasil dari iklim investasi yang kondusif di Batang. Pertumbuhan ekonomi bergerak pesat, menjadikan Batang sebagai magnet investasi yang kuat,” ujar Sri, Jumat, 25 Oktober 2024.

Baca Juga:Satu Keluarga di Kendal Dibacok Tetangga, Diduga Pelaku Emosi Karena Tuduhan Pencurian AyamKurangi Penggunaan Pupuk Kimia, DPC Tani Merdeka Bersama Dispertan Kendal Dukung Kesuburan Tanah dan Kesejaht

Dari total investasi, investor asing mendominasi dengan kontribusi senilai Rp3,7 triliun, sementara investasi dari dalam negeri mencapai Rp1,08 triliun.

Peningkatan investasi ini juga berdampak pada lapangan pekerjaan, dengan 8.032 tenaga kerja baru terserap, terdiri dari 7.982 pekerja lokal dan 41 pekerja asing.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Batang, Sri Cahyaningrum, menambahkan bahwa Batang kini menempati posisi kedua tertinggi untuk investasi di Jawa Tengah.

“Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, peningkatannya sangat signifikan,” ucap Sri Cahyaningrum.

Namun, capaian Rp4,7 triliun tersebut baru setengah dari target Rp9 triliun yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk tahun ini.

“Kami optimis target tersebut bisa tercapai. Kami terus mendorong perusahaan untuk melaporkan investasinya melalui sistem OSS dan LKPM Online,” tambah Sri Cahyaningrum.

Keberhasilan ini tak lepas dari komitmen Pemkab Batang dalam menghadirkan iklim investasi yang aman dan kondusif.

Baca Juga:Pemkot Pekalongan Salurkan 20 Mesin Kapal untuk Nelayan, Dorong Produktivitas dan KesejahteraanSMK Harapan Mulya Brangsong Kendal Gelar Job Fair, Sediakan 3.000 Lowongan Kerja dari 21 Perusahaan

Terletak di jalur pantai utara yang strategis, Batang kini menjadi lokasi yang menawarkan kepastian berusaha yang sangat diharapkan para investor.

0 Komentar