Sekretariat juga bisa memantau kedatangan dan keberangkatan tamu secara langsung. Data ini nantinya bisa digunakan untuk analisis statistik dan laporan harian, mingguan, atau bulanan yang diperlukan oleh pimpinan.
Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang akan memberitahukan kepada pegawai terkait jika ada tamu yang ingin bertemu. Dengan begitu, waktu tunggu tamu bisa diminimalkan karena pegawai bisa bersiap lebih cepat.
SIPESAT terintegrasi dengan sistem data yang ada di sekretariat sehingga setiap kunjungan bisa tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Ini membantu sekretariat dalam mengakses data kunjungan dengan cepat ketika dibutuhkan.
Baca Juga:Pasar Modal Indonesia Selenggarakan CMSE 2024: #AkuInvestorSahamPembina Samsat Tingkat Nasional Bahas Optimalisasi Capaian Target Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor 2024
Dengan diluncurkannya aplikasi SIPESAT, Sekretariat DPRD Kota Pekalongan berharap mampu mewujudkan visi pelayanan publik yang lebih baik. SIPESAT tidak hanya dirancang untuk mencatat kunjungan, tetapi juga untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi tamu yang datang. Harapannya, aplikasi ini akan meningkatkan kepuasan tamu serta mempermudah kinerja staf sekretariat dalam mengelola administrasi kunjungan.
Selain itu, SIPESAT juga diharapkan bisa terus dikembangkan dengan fitur-fitur baru sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Integrasi dengan sistem lain yang ada di DPRD maupun Pemerintah Kota Pekalongan akan menjadi fokus pengembangan ke depan agar sistem pelayanan publik bisa berjalan lebih efektif.
Peluncuran SIPESAT merupakan langkah nyata Sekretariat DPRD Kota Pekalongan dalam menyikapi era digital yang menuntut kecepatan, ketepatan, dan transparansi dalam pelayanan publik. Dengan mengusung semangat efisiensi dan akurasi, SIPESAT diharapkan bisa menjadi percontohan bagi inovasi layanan tamu di instansi pemerintahan lainnya.
SIPESAT bukan hanya aplikasi biasa; ia adalah simbol komitmen, bahwa pelayanan publik harus selalu berada pada standar tertinggi untuk masyarakat.(nul)