RADARPEKALONGAN.ID, BATANG – Meskipun mengalami pengurangan anggaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang menegaskan komitmennya untuk tetap memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat.
Fokus utamanya yakni mempercepat layanan dan memperbaiki sarana prasarana (sarpras) kesehatan agar semakin nyaman diakses warga.
Komitmen itu ditegaskan dalam Forum Konsultasi Publik yang dikemas melalui diskusi ringan di Aula Labkesda Batang, Selasa (14/10/2025). Forum tersebut menjadi wadah untuk menampung masukan dari berbagai pihak, termasuk soal survei kepuasan masyarakat yang menjadi acuan peningkatan mutu layanan.
Baca Juga:Biki Sabili Karkauni Jadi Perempuan Pertama Pimpin IMM Kendal Pasca Musycab ke-XII!Gerakan Sekolah Kelola Sampah Digencarkan, Pemkot Pekalongan Bentuk Generasi Peduli Lingkungan!
Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Batang, Nuridin, menjelaskan bahwa dua aspek utama yang dievaluasi yakni kecepatan layanan dan kualitas sarana prasarana.
“Nilai kepuasan masyarakat untuk dua aspek itu masih di angka delapan. Artinya masih perlu ditingkatkan, makanya kami undang instansi dan mitra terkait untuk bersama mencari solusi,” ujarnya.
Ia mencontohkan, beberapa kendala pelayanan muncul pada proses perizinan pendirian apotek yang kerap terbentur aturan lahan. Dari sisi sarpras, ruang tunggu layanan JKN di Dinkes masih berbentuk ruang terbuka dan akan diperbaiki agar lebih nyaman.
“Terkait anggaran memang ada sedikit pengurangan, tetapi peningkatan sarpras dan pelayanan publik tetap kami prioritaskan. Karena pelayanan kepada masyarakat tidak boleh terhenti,” tegas Nuridin.
Dalam forum tersebut, Koordinator Kelompok Ambulans Alas Roban, Suparno, juga menyampaikan aspirasi agar para sopir ambulans mendapat pelatihan khusus.
“Pelatihan penting agar sopir tahu cara menangani korban kecelakaan sesuai SOP. Jadi tidak hanya bisa mengemudi, tapi juga tanggap dalam situasi darurat,” katanya.
Dinkes Batang berharap forum seperti ini menjadi sarana terbuka untuk mempercepat perbaikan layanan kesehatan.
Baca Juga:Bupati Tika: Aspirasi Tersumbat Picu Konflik, Kewaspadaan Dini Harus Dibarengi Empati!Kalapas Teguh Suroso Perkuat Jajaran Pengamanan, Tekankan Disiplin & Integritas Demi Zero Halinar!
“Semua masukan dari masyarakat akan kami tindak lanjuti, karena pelayanan cepat dan nyaman adalah hak warga Batang,” pungkas Nuridin.(nov)