3 Dinas di Pemkab Pekalongan Diminta Buat Kanal Aduan, Agar Lebih Responsif Terhadap Aduan Masyarakat

3 Dinas di Pemkab Pekalongan Diminta Buat Kanal Aduan, Agar Lebih Responsif Terhadap Aduan Masyarakat
Sekda M Yulian Akbar minta 3 dinas buat kanal aduan. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar meminta tiga dinas di Pemkab Pekalongan membuat kanal aduan, agar lebih responsif terhadap aduan masyarakat.

Sekda Yulian Akbar meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pekalongan dapat merespon dengan cepat aduan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan program prioritas Pemkab Pekalongan. Tiga dinas prioritas yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan DPU Taru diminta buat kanal aduan, agar lebih responsif mensikapi aduan masyarakat.

Pemkab Pekalongan Gelar Rakor PPID (Hadi Waluyo)

“Untuk memfasilitasi terkait aduan masyarakat, sudah ada kanal aduan berupa ‘Lapor Bupati’. Saya minta supaya secara teknis dibuka kanal aduan juga untuk masyarakat, terutama untuk tiga prioritas program Bupati Pekalongan, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” tutur Sekda M Yulian Akbar, Minggu (19/2/2023).

Baca Juga:Warung Swike dan Tempat Hiburan Malam Dirazia, Polisi Amankan Ratusan Botol Miras di Kota SantriTNI-Polri dan Warga Bersinergi Bersihkan Material Tanah Longsor di Desa Depok

Sekda mengatakan, Pemkab Pekalongan harus responsif terharap aduan masyarakat. Salah satunya dengan membuat kanal aduan tersebut. “Kita harus responsif. Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan DPU Taru buat kanal aduan masyarakat terkait layanan kesehatan, layanan pendidikan, dan infrastruktur. Buat apa pun namanya, nanti Dinkominfo yang menyiapkan,” ujarnya.

Akbar menandaskan, pembuatan kanal aduan dan responnya bukan untuk pencitraan. “Kita tidak mau cari pencitraan. Kita hanya ingin melayani masyarakat secara cepat. Aduannya apa, kita respon, dan kita tangani, terutama yang tiga OPD tadi. Buat satgas reaksi cepat. Saya minta awal Maret sudah jadi. Kita perlu respon cepat ketika ada aduan masyarakat. Ketika ada aduan masyarakat, kesehatan bagaimana, pendidikan bagaimana, infrastruktur bagaimana, perlu penanganan. Saya minta agar diterjemahkan, dijabarkan, partisipasi publik agar direspon,” ucap Sekda.

Rakor PPID Dipimpin Sekda M Yulian Akbar (Hadi Waluyo)

Sekda meminta kepada para kepala OPD dan para ASN agar dapat melayani masyarakat dengan baik. “Kita adalah birokrat. Saya minta OPD menjadi problem solver, memberikan solusi permasalahan masyarakat sesuai tupoksi masing-masing. Kita harus bisa memberikan manfaat bagi publik, bagi masyarakat. Syukur-syukur Maret dapat direalisasikan. Nggak usah launching-launchingan kalau saya. Yang penting kerja,” ujar Sekda.

0 Komentar