6 Tips Berkendara Efisien Bahan Bakar dengan Sepeda Motor

Tips Berkendara Efisien
0 Komentar

Tips Berkendara Efisien Bahan Bakar dengan Sepeda Motor, Untuk menunjang aktivitas harian, sepeda motor masih menjadi pilihan banyak orang. Selain karena kepraktisannya, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu pertimbangannya.

Oleh karena itu, untuk mendukung konsumsi bahan bakar yang efisien, diperlukan beberapa tips mengenai gaya berkendara yang efektif dan cara merawat kendaraan yang benar.

“Berkendara sehari-hari dengan sepeda motor menjadi pilihan bagi banyak orang, selain karena lebih praktis, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu alasannya,” ujar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca Juga:Spesifikasi Nokia C31, Harga Cuma Rp 1,6 JutaanSeleksi O2SN Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Jateng Pertandingkan 5 Cabang Olahraga

“Karena itu, diperlukan beberapa penyesuaian cara berkendara untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien, seperti menjaga kecepatan, rencanakan perjalanan, hingga merawat sepeda motor dengan baik, ā€¯tambahnya.

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara efisien bahan bakar dengan mengunakan sepeda motor;

  1. Cek Kondisi Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban cukup berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor. Karena itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar pabrikan dan cek secara berkala kondisinya.

Kondisi ban yang kurang angin akan membuat permukaan ban mejadi lebih lebar, sehingga gesekan antara ban dan permukaan jalan akan menjadi lebih tinggi.

Akibatnya kinerja mesin jadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar akan meningkat.

  1. Rencanakan Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan dengan tepat sangat diperlukan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang tidak perlu.

Pilih jalur yang lebih dekat, hindari jalan yang macet dan siapkan juga jalur alternatif jika diperlukan. Dengan perencanaan perjalanan yang baik, jarak tempuh bisa dikurangi dan konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

  1. Buka-Tutup Gas secara Perlahan

Guna mendapatkan akselerasi yang lebih cepat, kita sering memutar penuh gas secara mendadak. Cara yang satu ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi, maka dari itu sebaiknya dihindari.

Baca Juga:5 HP Xiaomi Harga 1 Jutaan, Ada Redmi A, Redmi 9 dan Redmi 10Inovasi Bank Sampah, Siti Iklimah Jadi Salah Satu Penerima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Tingkat Kabupaten/Kota se Jateng

Cara ini juga akan membuat gaya berkendara lebih agresif sehingga perlu kewaspadaan yang lebih tinggi oleh pengendara maupun orang disekitarnya.

0 Komentar