4 Bagian dari Motor yang Sering Bikin Berisik dan Solusinya, Jangan Dibiarkan Kalau Tidak Mau Rusak Parah

bagian dari motor yang sering bikin berisik
Perlu perawatan secara berkala untuk menghindari suara berisik dari motor. (foto: astra honda jateng)
0 Komentar

Untuk komponen mesin tentunya langkah bijak adalah maintenance secara periodik rutin mengganti oli, perawatan secara berkala dan harus diingat, jangan sembarangan memodifikasi bagian pada mesin yang bisa berakibat fatal.

4. Suara Aneh Bisa Muncul dari Kaki-kaki

Sama dengan dengan perawatan bodi motor pada umumnya, peran pengendara ketika mengendarai motor cukup berpengaruh terutama di bagian kaki sebagai bagian yang menyangga bodi motor.

Sering ditemui beberapa komponen kaki-kaki yang sering memunculkan bunyi aneh misalnya dari shockbreaker, bearing, serta karet mounting. 

Baca Juga:Sukses dan Seru, Gathering Komunitas Big Bike Jateng Semarang yang ke-2Honda New Vario 160 Front Lamp nya Makin Garang Bak Mata Elang Mengincar Mangsa

Berikutnya adalah beban muatan yang overload. Beban maksimal yang bisa dibawa motor biasanya telah diperhitungkan, yang bisa dilihat di buku panduan manual bagi pengendara. Jangan sampai melebihi batas berat.

Penting diingat jangan memaksakan beban yang berlebihan sampai melebihi kapasitas maksimal dari motor tersebut.

Kalau tidak, akibat yang muncul bisa terjadi. Misalnya bisa lebih cepat terjadi kerusakan di komponen kaki-kaki yang dapat memunculkan suara berisik dan tak nyaman ketika berkendara.

Saran: Rawatlah Motor Secara Rutin

Agar terhindar dari bagian dari motor yang sering bikin berisik, mau tidak mau kamu memang wajib dilakukan pengecekan  seluruh bagian motor, paling tidak sebulan sekali.

Lebih khusus lagi pada baut-baut pengikat body motor, perlu dirutinkan mengeceknya paling tidak seminggu sekali atau jika perlu sempatkan waktu untuk memeriksa kondisi motor, sebelum berkendara setiap hari.

Tujuannya agar yakin motor yang digunakan dalam keadaan aman. Sehingga terhindari dari bagian dari motor yang sering bikin berisik

Cara merawat bagian baut-baut ini sangat mudah, hanya dengan menggunakan obeng plus atau kunci L, bisa langsung mengencangkan sendiri bagian baut yang kurang rapat tersebut.

Baca Juga:ANTUSIAS ! 17 Orang Calon Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekalongan Selatan DisepakatiHobi Terabasan, Begini 3 Teknik Aman dan Nyaman Naik Motor Trail di Jalan Up and Down

Lebih penting lagi, selalu rawat dan periksa motor secara berkala dan rutin di bengkel AHASS terdekat. Sehingga seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara maksimal.

“Akan lebih baik memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu ketika melakukan service,” pungkas Oke.

0 Komentar