Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan di MI Salafiyah Karanganyar 01 Tirto Kabupaten Pekalongan

Implementasi Pendidikan Karakter
0 Komentar

Analisis Faktor yang Mendukung dan Menghambat Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan.

Faktor-faktor yang mendukung pembentukan karakter terbagi menjadi dua yaitu: faktor endogen dan eksogen

  • Faktor Endogen

Faktor endogen adalah faktor yang berasal dari dalam individu siswa itu sendiri yang dapat mempengaruhi karakter siswa-siswi MI Salafiyah Karanganyar 01. Dapat dianalisis bahwa pembawaan yang khas pada diri seseorang berpengaruh pada pembentukan karakter seseorang. Karena anak yang terlahir ke dunia telah diberikan potensi yang berbeda-beda

Baca Juga:Jemaah Haji Indonesia di Madinah Dipastikan Tidak Terlantar15 Pasangan Calon Pengantin Diberikan Bimbingan Perkawinan di Kesesi

  • Faktor Eksogen

Faktor eksogen adalah faktor yang berasal dari luar individu siswa tersebut yang dapat mempengaruhi karakter siswa-siswi MI Salafiyah Karanganyar 01. Dalam hal ini pengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan keluarga adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap pembentukan karakter anak MI Salafiyah Karanganyar 01 dapat dianalisis bahwa keluarga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan karakter anak. Lingkungan sekolah atau Pendidikan, adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak. Dapat dianalisis bahwa sekolah mempunyai pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa karena lingkungan sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga, dimana anak banyak menghabiskan waktunya untuk belajar. Lingkungan sekolah akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Karena sekolah merupakan sarana pendidikan bagi anak dan sebagai penetralisasi terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari luar. Lingkungan masyarakat, adanya pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pembentukan karakter anak. Dapat dianalisis bahwa lingkungan masyarakat merupakan lingkungan yang penuh dengan berbagai macam aktivitas, yang secara tidak langsung mampu mempengaruhi pembentukan karakter anak. Lingkungan masyarakat yang baik akan berpengaruh baik terhadap pembentukan karakter anak, dan sebaliknya lingkungan yang tidak baik juga akan berpengaruh tidak baik terhadap pembentukan karakter anak.

Faktor-faktor yang menghambat pembentukan karakter

  • Kondisi siswa yang belum sepenuhnya mampu menerapkan karakter yang baik sesuai dengan harapan orang tua maupun sekolah dalam kesehariannya, baik di masyarakat maupun di kelas.
  • Karakteristik siswa yang berbeda dan masih belum optimalnya nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan oleh siswa dalam pembelajaran mengakibatkan guru harus memberikan metode dan penanganan yang sesuai dengan pendidikan karakter.
0 Komentar