Jumlah Polisi di Kabupaten Pekalongan Belum Ideal, di Polsek Doro Baru 1:2050

jumlah polisi belum ideal
Polres Pekalongan gelar Jumat Curhat di Kecamatan Doro, Jumat (17/3/2023) (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Jumlah polisi di Kabupaten Pekalongan belum ideal dibandingkan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada. Di negara lain dan menurut penelitian, idealnya jumlah pihak keamanan harus 1 dibanding 500 orang.

Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, menegaskan, sinergitas dan kerjasama untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif di suatu wilayah sangat diperlukan. Pasalnya, jumlah polisi di Kabupaten Pekalongan belum ideal untuk mengamankan seluruh jumlah penduduk yang ada. Karena itu diperlukan sinergitas semua pihak untuk menjaga kamtibmas.

Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria Hadiri Jumat Curhat di Doro (Hadi Waluyo)

Baca Juga:Razia Miras Jelang Ramadhan, Polisi Sita 101 Botol Miras di Wilayah DoroHUT Satpol PP Ke-73, Puluhan Anggota Satpol PP Damkar Kabupaten Pekalongan Donorkan Darah

Di Kecamatan Doro saja, misalnya, ada 14 desa dengan luas wilayah 68,4 km2 dan jumlah penduduk secara keseluruhan 37.600 jiwa. Jumlah polisi dan TNI di Kecamatan Doro hanya sekitar 40 orang. Jumlah petugas keamanan ini tentu masih terlalu sedikit dibandingkan jumlah penduduk yang ada.

“Tentunya tidak sebanding dengan jumlah anggota Polri dan TNI di wilayah Kecamatan Doro yang hanya sekitar 40 orang. Itu artinya 1 anggota Polri membawahi kurang lebih 2050 orang. Untuk di negara lain dan menurut penelitian, jumlah pihak keamanan harus 1 dibanding 500 orang,” ujar Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, saat Jumat Curhat di Kecamatan Doro, Jumat (17/3/2023).

Jumlah Polisi Minim, Sinergitas Diperlukan

Maka dari itu, dalam Jumat Curhat ini, saran dan masukan dari masyarakat bisa disampaikan guna menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Doro agar lebih baik lagi. Apalagi di tahun 2023 sudah memasuki tahun politik. “Apabila ada yang mau ditanyakan nanti bisa disampaikan,” tuturnya.

“Ada Kasat Intel yang membawahi perizinan dan kegiatan masyarakat, Kabag Ops yang memimpin pasukan ketika ada pengamanan, Kasat Lantas yang membawahi lalu lintas di Kabupaten Pekalongan, Kasat Sabhara yang mempunyai pasukan Dalmas, Kasat Binmas, serta Kasat Reskrim dalam hal penegakkan hukum,” tambahnya.

Masyarakat Langsung Sampaikan Keluhan, Masukan, Kritik, dan Saran Saat Jumat Curhat (Hadi Waluyo)

AKBP Arief mengungkapkan, pembangunan dan juga kemajuan satu wilayah dengan adanya insvestasi, itu yang pertama dilihat dari faktor keamanan, dukungan masyarakat, perlu adanya terobosan-terobosan yang mendorong/meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

0 Komentar