Mahasiswa KKN Undip Melaksanakan Pendampingan Pembukuan Keuangan dan Pemasaran terhadap UMKM Desa Legokkalong

Mahasiswa KKN Undip Melaksanakan Pendampingan Pembukuan Keuangan dan Pemasaran terhadap UMKM Desa Legokkalong
0 Komentar

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2024 melaksanakan salah satu kontribusi nyata terhadap masayarakat Desa Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, 23 Januari 2024.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu roda penggerak perekonomian Desa Legokkalong perlu diberi perhatian terhadap berbagai pengelolaanya. Desa Legokkalong tercatat memiliki 330 UMKM yang tentunya memiliki peran yang besar terhadap perekonomian desa. Angka tersebut tentu merupakan jumlah yang besar dan potensial.

Berangkat dari hal tersebut, Briantama Akmaluddin sebagai salah satu mahasiswa KKN Tim I Undip program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis melaksanakan program “Pelatihan Pembukuan Keuangan dan Pendampingan Pembuatan Akun E-Commerce.” Fokus kegiatan ini adalah pencatatan keuangan dan pemasaran sebagai salah satu unsur penting dalam entitas bisnis.

Baca Juga:Kodrah Lurah IndonesiaSumber Penopang Kehidupan yang Disepelekan

Terkait pembukuan keuangan terdapat beberapa materi yang dipaparkan seperti buku kas, buku utang, buku piutang, dan buku persediaan. Pemahaman terhadap empat konsep dasar tersebut merupakan hal yang penting sebagai keberlanjutan proses bisnis. Sementara itu, terkait dengan pendampingan pemasaran melalui E-Commerce mencakup pembuatan akun E-Commerce, input produk, dan metode pengiriman.

Semua kegiatan tersebut dilaksanakan secara door to door untuk memastikan pemahaman yang baik dan tepat terhadap pemilik UMKM. Metode yang dilaksanakan adalah presentasi, demonstrasi, dan diskusi terkait kasus nyata yang dialami oleh pemilik UMKM. Terdapat berbagai jenis UMKM sebagai target pelatihan tersebut seperti usaha snack, toko kelontong, dan fashion.

Besar harapan terhadap para pelaku UMKM dapat memahami dan mengimplementasikan materi yang dipaparkan agar kegiatan bisnis yang mereka jalankan dapat dikelola dengan baik terutama pada aspek keuangan dan pemasaran. Kedua aspek tersebut merupakan hal penting bagi keberlanjutan sebuah bisnis.

Penulis: Briantama Akmaluddin

Dosen Pembimbing Lapangan: Pangi, S.T., M.T.

0 Komentar