[Artikel] Media Menjembatani Berfikir Kritis Bagi Siswa

[Artikel] Media Menjembatani Berfikir Kritis Bagi Siswa
Ditulis Oleh Susiwati,S.Pd.SD.
0 Komentar

Dalam pembelajaran, media dapat membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif. Dan media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat bagi siswa. Media juga membantu mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Karena pentingnya media maka perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru dapat menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.Adanya Pembelajaran ditandai dengan adanya beberapa unsur antara lain tujuan, bahan, metode, dan alat (media), serta evaluasi. Unsur metode dan alat (media) merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan yang berfungsi sebagai alat untuk mengantarkan bahan pelajaran agar sampai kepada tujuan.

Adapun jenis-jenis media pendidikan menurut Sudjana dan Rivai (1997) antara lain : (1) Media grafis seperti gambar, foto, grafik, bagan atau diagram, poster kartun, komik dan lain-lain. (2) Kedua media tiga dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat (solit model), model penampang, model susun, model kerja, mock up, dan lain-lain. (3) Model proyeksi seperti slide, film strips, film, penggunaan OHP dan lain-lain. (4) Penggunaan lingkungan sebagai media pengajaran.

Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Manfaat khusus media menurut Kemp dan Dayton (1985) yaitu: (a) Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan. (2) Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. (3) Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. (3) Efisiensi dalam waktu dan tenaga. ( 4) Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. (5) Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. (6) Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. (7) Merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

Baca Juga:Tren Model Rambut Wanita 2023, Kira-Kira Pilih Yang Mana Yaa?Hyun Bin Tampil Garang Jadi Intel Wilayah Timur Tengah dan Asia Tenggara di Film Terbaru “The Point Men”

Menurut Kemp dan Dayton (1985) Manfaat praktis media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut : (1) Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. (2) Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya. (3) Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. (4) Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa – peristiwa di lingkungan mereka serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya misalnya melalui karya wisata.

0 Komentar