RADARPEKALONGAN.ID – Mesin eSP di sepeda motor Honda sudah ada sejak tahun 2013. Saat itu Honda BeAT jadi yang pertama memiliki teknologi ini. Dan tahun 2022 kemarin, PT Astra Honda Motor mengeluarkan upgrade dari teknologi ini.
Mari kenalan dengan mesin eSP+ di sepeda motor Honda series 160cc. Mesin ini merupakan generasi terbaru yang dikhususkan untuk model skutik Honda seperti yang sudah terpasang pada Honda Vario 160, Honda PCX160, dan yang terbaru Honda ADV160.
Enhanced Smart Power atau eSP ini adalah inovasi mesin dari AHM yang berteknologikan ACG Starter. Inovasi ini membuat mesin bekerja lebih halus hingga menghasilkan performa mesin yang lebih efisien bahan bakar, dan ramah lingkungan.
Baca Juga:Begini 8 Cara Merawat Mesin Honda BeAT yang Benar Biar Performa Mesin Tetap Optimal5 Cara Membuat Introvert Nyaman dengan Kita: Langkah Membuka Hati Si Penyendiri
Jika mesin eSP di sepeda motor Honda biasa saja sudah sebagus itu, apa istimewanya mesin eSP+? Well, tentu saja eSP+ memiliki beberapa tekologi tambahan yang sebelumnya tidak ada pada generasi eSP lama.
Begini spesifikasi eSP generasi lama:
Generasi Lama Mesin eSP di Sepeda Motor Honda
1. ACG Starter dan ISS
ACG Starter yang tertanam pada mesin eSP di sepeda motor Honda lama membuat start mesin jadi lebih halus. ISS juga bnayak ditemukan pada skutik-skutik terbaru Honda terbru, fungsinya untuk menghemat pembakaran bensin dengan cara mematikan mesin motor setelah tiga detik berhenti. Fitur-fitur ini juga membantu mengurangi gas emisi.
2. Fuel Injector
Ukuran lubang injektor pada mesin eSP di sepeda motor Honda lama hanya sebesar 0,13mm. Dan AHM mengklaim bahwa ukuran ini ukuran lubang injektor terkecil di dunia. Tapi dengan ukuran sekecil ini, partikel bahan bakar yang disemprotkan dari injektor akan lebih halus. Campuran udara dari hasil semprotan ini akan menghasilkan bahan bakar yang lebih homogen, menjadikan pembakaran bahan bakar jadi lebih sempurna.
3. Roller Type Rocker Arm
Roller rocker arm adalah jenis pelatuk klep yang sisinya bersentuhan dengan noken as (camshaft) terdapat roller. Pada mesin jenis lama, gerak klep bersentuhan dengan noken as (camshaft), pada rocker arm jenis ini terdapat roller yang bisa meminimalisir gesekan dan keausan. Roller ini juga megoptimalkan sirkulasi udara dan pembakaran dalam mesin.