Optimalisasi Metode Sederhana Untuk Meningkatkan Prestasi TIK Siswa

Optimalisasi Metode Sederhana Untuk Meningkatkan Prestasi TIK Siswa
Furqon, S.Kom
0 Komentar

Menurut Selviani, diah , dkk (2018:20), program pembelajaran CAI merupakan program pembelajaran yang sangat interaktif dengan desain yang unik dengan menggunakan bantuan komputer sebagai penyampai pesan kepada siswa secara individual dalam suatu proses belajar atau lingkungan pembelajaran. Dalam hal ini penggunaan media adalah Ms. Power Point dengan penggabungan bantuan software program Macro Media Director. Sedangkan menurut Armen Mara (2011:30) Video merupakan media elektronik yang mampu menggabungkan teknologi audio dan visual secara bersama sehingga menghasilkan suatu tayangan yang dinamis dan menarik. Video dapat dikemas dalam bentuk VCD dan DVD sehingga mudah dibawa kemana-mana, mudah digunakan, dapat menjangkau audiens yang luas dan menarik untuk ditayangkan. Sehingga, dari beberapa penjelasan diatas mengenai definisi video, maka dapat disimpulkan bahwa video adalah sebuah hasil media yang menggabungkan dari audio dengan visual sehingga menghasilkan sebuah tayangan yang dapat menarik perhatian semua orang untuk melihat hal tersebut.

Pemanfaatan media berbasis video ini juga hasil belajar siswa lebih meningkat dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran DIKTE sebelumnya yang dapat dilihat di hasil tes formatif tahap 1, dimana di tahap 1 tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran DIKTE masih ada 4 siswa yang belum tuntas dari 19 siswa yang mengikuti tes yang peneliti lakukan di kelas IX A di SMP Negeri 1 Kedungwuni dalam mengerjakan soal Tes berupa 5 butir soal Essay, artinya siswa belum atau sulit memahami benar materi yang disampaikan. Jumlah keseluruhan nilai yang di peroleh dari tes pada tahap 1 ini adalah 1580 dan memperoleh rata- rata ketuntasan 83,15.

Hasil tes tahap 2 dengan menggunakan media berbasis video siswa Kelas IX A pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 1 kedungwuni siswa memperoleh hasil tes yang meningkat dimana seluruh siswa mendapatkan nilai keseluruhan tuntas dengan tes soal Essay yang sama dengan tes pada tahap 1. Dilihat dari Jumlah keseluruhan nilai yang di peroleh dari tes pada tahap satu adalah 1580 dan memperoleh rata- rata ketuntasan 83.15. Memperoleh peningkatan nilai keseluruhan yang di peroleh dari tes pada tahap dua ini adalah 1780 dan memperoleh rata- rata ketuntasan 93,68. Berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat dari Jumlah keseluruhan nilai yang di peroleh dari hasil tes pada tahap satu dengan jumlah 1580 dan memperoleh rata-rata ketuntasan 83,15. Memperoleh peningkatan nilai keseluruhan yang di peroleh dari tes pada tahap dua ini adalah 1780 dan memperoleh rata-rata ketuntasan 93,68. Pemanfaatan media berbasis video tersebut menimbulkan peningkatan pada hasil belajar siswa dan juga pengaruh positif terhadap siswa antara lain siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membuat siswa lebih senang dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, media pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran berlangsung. (*)

0 Komentar