Pengaruh Lingkungan Sekitar untuk Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini

Pengaruh Lingkungan Sekitar untuk Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini
0 Komentar

PARA pendidik diharapkan untuk memunculkan rasa kreatif pada anak usia dini. Kreativitas anak usia dini sebenarnya ada pada saat anak memasuki usia pembelajaran di TK, akan tetapi pendidik harus mempertahankan daya kreatif tersebut. Selain itu pendidik harus memperhatikan sifat natural anak yang sangat menunjang tumbuhnya kreativitas anak. Pengembangan kreatifitas bisa dimulai pembelajaran dari lingkungan di sekitar anak – anak, baik di rumah maupun di sekolah.

Dalam menumbuhkan jiwa kreativitas pada anak usia dini diperlukan pendidik dan lingkungan yang dapat memperhatikan sifat alami anak dan menunjang tumbuhnya kreativitas. Sifat-sifat alami yang mendasar inilah yang harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan sehingga sifat kreatif mereka tidak hilang. Sikap alami anak usia dini yang mendasar dan sangat menunjang dalam tumbuhnya kreativitas tersebut, antara lain pesona dan rasa takjub, imajinasi, rasa ingin tahu, dan banyak bertanya.

Kreativitas setiap individu harus diciptakan sejak awal, karena sangat mempengaruhi perkembangan eksistensi pencapaian seseorang. Peningkatan kreativitas anak usia dini dapat ditingkatkan dengan lingkungan yang mendukung anak-anak. Lingkungan yang stabil jelas dapat mempengaruhi kemajuan kreativitas anak-anak. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa lingkungan sekitar dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini sangat berpengaruh.

Baca Juga:Tetap Tenang dan Waspada, Aktivitas Gunung Dieng Masih TerkendaliSiapa Minat, Baznas Kabupaten Batang Siapkan Kuota 30 Santri untuk Dilatih Pangkas Rambut

Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar mampu memberikan pengaruh yang positif untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Anak yang belajar dari lingkungan sekitar akan mengembangkan kreativitasnya, seperti: anak mampu mendapatkan informasi dari lingkungan sekitar, anak lebih komunikatif, pembelajaran lebih konkrit, menciptakan ide-ide baru, berpikir imajinasi, mampu mengenal dan mencintai lingkungan, mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Dengan kata lain, lingkungan mampu mempengaruhi perkembangan kreativitas anak usia dini.Sikap untuk menumbuhkan kreativitas anak, dapat dilakukan melalui : (1) Pesona dan rasa takjub terhadap sesuatu merupakan sifat khas anak usia dini. Mereka pada umumnya sangat gampang terpengaruh oleh hal-hal yang menurut mereka masih asing. Kadang-kadang orangtua tidak mengerti letak kehebatan dan keanehan benda ataupun kejadian yang dikagumi anak. Anak-anak sangat polos dan murni sehingga mereka dapat melihat dan mengamati secara terperinci benda-benda disekitarnya dan merasakan kehebatannya.

0 Komentar