Bisnis  

BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan Gelar Roadshow Aktivasi Aplikasi JMO di Perusahaan Binaan

aplikasi JMO

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan, melakukan Roadshow aktivasi penggunaan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan di beberapa perusahaan binaan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan Farah Diana mengatakan, ke depan para peserta diharapkan mengutamakan untuk memanfaatkan layanan digital melalui aplikasi JMO dengan tujuan untuk lebih memudahkan pada peserta dalam mengakses semua informasi dan pengajuan manfaat terkait BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan aplikasi JMO layanan BPJS Ketenagakerjaan kini lebih cepat, mudah dan lengkap, dimana saja dan kapan saja” ujarnya.

Untuk menggunakan JMO katanya peserta terlebih dahulu mengunduh aplikasi JMO melalui Play Store dan App Store.

Pada aplikasi ini terdapat fitur-fitur unggulan seperti informasi program BPJS Ketenagakerjaan, cek saldo JHT, pengkinian data, kartu digital, pengajuan manfaat tambahan pemilikan/renovasi rumah dan mengajukan klaim JHT untuk saldo di bawah Rp10 juta.

Farah menyebutkan, BPJS Ketenagakerjaan bagian dari program Pemerintah yang tujuannya memberikan perlindungan kepada pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan pekerjaan, sehingga keluarga di rumah tidak merasa cemas.

Pekerja dalam menjalankan pekerjaannya kata dia, memberikan kontribusi besar dalam pembangunan ekonomi, untuk itu buruh yang memiliki risiko dalam melaksanakan aktivitas perlu diberikan jaminan perlindungan sosial.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan-DPMPTSP Jawa Tengah Pastikan Pekerja Perusahaan Mendapat Perlindungan Jaminan Sosial

“Pekerja memiliki sumbangsih yang besar dalam pembangunan ekonomi, dan keberadaannya sangat strategis, sehingga kami harapkan ada kepastian bagi mereka untuk mendapatkan perlindungan diri dan keluarganya, baik dari keselamatan maupun kesejahteraannya,” katanya.

Jumlah Pengguna Aplikasi JMO Meningkat

aplikasi JMO

Dia menambahkan, penekanan untuk memulai dan membiasakan menggunakan aplikasi JMO ini dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung di beberapa perusahaan binaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan.

Di antaranya, RSUD Bendan, UMPP, Sebah Spinning Mills, RS Islam Muhammadiyah Pekajangan, Dinas Lingkungan hidup, MPS PT. Urip Sugoharto, Sukorintex, RSU Budi Rahayu dan MPS Tulis Batang.

Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah pengguna aplikasi JMO untuk peserta di Cabang Pekalongan sehingga mencapai 26.147 pengguna aplikasi JMO per Oktober 2023.