Teamwork Ciptakan Pekerjaan Impian, Pentingnya Bekerja dalam Tim

Pentingnya teamwork
Pentingnya teamwork. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mempromosikan pertumbuhan dan pembelajaran: Ketika orang bekerja sama, ada peluang bagi setiap anggota tim untuk belajar dan tumbuh, baik secara pribadi maupun profesional.

Menciptakan ikatan yang kuat di antara rekan satu tim: Berkolaborasi dalam tugas bersama, membantu orang lain, dan bekerja sama membantu rekan satu tim membina hubungan yang kuat. Orang terikat ketika mereka bekerja sama menuju tujuan bersama dalam lingkungan yang mendorong dan mendukung.

Menumbuhkan rasa memiliki: Teamwork juga memenuhi kebutuhan manusiawi kita untuk menjadi bagian dari komunitas atau kelompok dan merasa seperti sedang bekerja menuju sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Baca Juga:7 Proses Problem Solving, Step by Step untuk Memecahkan MasalahPemimpin Transformasional, 5 Tips untuk Memimpin dengan Lebih Baik

Mengurangi stres: Orang cenderung merasa lebih didukung saat menjadi bagian dari tim. Mereka sering mengalami stres yang dirasakan lebih sedikit karena mereka tidak menghadapi masalah sendirian.

Ciri-Ciri Teamwork Yang Baik

Menurut Dr. Romanoff, ini adalah beberapa karakteristik kerja sama tim yang baik:

Tujuan bersama: Tim yang sukses mengartikulasikan dan menyepakati tujuan bersama yang memiliki arti bagi anggotanya. Pemahaman bersama tentang tujuan yang sedang dikerjakan tim sangat penting sehingga setiap orang berada di halaman yang sama dan tim dapat beroperasi sebagai unit yang kohesif.

Kerjasama: Penting bagi rekan satu tim untuk secara aktif mendengarkan satu sama lain, bekerja sama satu sama lain, dan saling membantu saat dibutuhkan. Pendekatan kolaboratif menghasilkan keluaran yang lebih efisien dan efektif.

Menghormati: Ketika orang merasa dihormati oleh rekan satu timnya, mereka dapat dengan bebas berbagi ide dan pendapat tanpa takut ditolak atau dihakimi. Tingkat keamanan ini menetapkan panggung untuk komitmen yang lebih besar di antara rekan satu tim, orisinalitas, dan kebaruan.

Kepercayaan: Ada kepercayaan bahwa setiap anggota akan menjalankan peran mereka untuk tim dan memenuhi komitmen mereka. Anggota tim mengambil tanggung jawab mereka dengan serius dan berkomitmen untuk menindaklanjuti atas nama anggota individu tetapi juga untuk kelompok kolektif. Setiap anggota juga dipercaya untuk menempatkan kepentingan tim di atas kepentingan mereka sendiri.

Koordinasi: Tim terorganisir dengan baik sehingga setiap orang bekerja bersama secara sistematis dan efisien menuju tenggat waktu dan tujuan bersama. Komunikasi dan koordinasi yang efektif adalah landasan kerja sama tim yang baik.

0 Komentar