Tenang, Begini Cara Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit di ACC Bank

ilustrasi Cara Membersihkan BI Checking. screenshot/net
ilustrasi Cara Membersihkan BI Checking. screenshot/net

*Skor BI Checking Harus Dipantau

RADARPEKALONGAN – Bagi kamu yang tidak bisa mengajukan pinjaman kredit akibat terkendala BI Checking tak perlu risau, karena ada cara mudah untuk membersihkan BI Checking.

Sebelum lebih jauh, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu BI Checking yang merupakan informasi lancar atau tidaknya pembayaran kredit yang ada pada Sistem Informasi Debitur (SID).

Jika kamu punya tunggakan kredit atau bahkan tidak menyelesaikan kewajiban sebagai debitur, maka namamu akan masuk daftar hitam BI Checking.

Perlu kamu ketahui, BI Checking sendiri saat ini sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), dan kelola langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga : 40+ Daftar Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar Terbaru 2023

Baca juga : 5+ Pinjaman Online Modal KTP Langsung Cair di 2023, Dijamin Mudah!

SLIK ini merupakan sistem informasi yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan, serta pelayanan informasi keuangan.

Melalui SLIK ini, kamu juga bisa memperoleh layanan informasi debitur (Ideb) guna mengecek kualitas kredit kamu dibeberapa lembaga perbankan ataupun finance dan juga lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur, serta kewajiban melaporkan data debitur ke SID.

Membersihkan BI Checking

Langkah utama yang harus kamu lakukan adalah melunasi semua tagihan pinjaman di bank ataupun finance dan juga lembaga non perbankan, dimana namamu masuk sebagai kreditur.

Jika tidak dilakukan, maka di bank manapun, kamu tidak akan bisa mengajukan pinjaman baru selama skor atau catatan kredit kamu masih buruk, bahkan masuk data kreditur bermasalah.

Apabila tunggakan yang ada sudah kamu lunasi, maka selanjutnya pantau skor BI Checking. Pastikan skor kredit kamu berangsur-angsur mengalami perbaikan.

Berita lainnya : Pinjaman Online BPJS Ketenagakerjaan, Hanya Gunakan KTP dan Cair dalam Hitung Menit, Begini Syarat dan Cara Pengajuannya!

Berita lainnya: Inilah Daftar Pinjol Legal OJK Terbaru 2023, Pinjaman Uang Cepat Cair Hitungan Menit dan Bunga Rendah

Jika ternyata tidak ada perubahan, maka kamu bisa mengajukan komplain ke bank tempat mengambil kredit, dan sudah dilunasi.