5 Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda

Tips mengatasi kebiasaan menunda
Ilustrasi menunda pekerjaan. (Foto: Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Salah satu masalah yang sering dilakukan banyak orang adalah kebiasaan menunda, baik menunda sebuah pekerjaan ataupun menunda tugas yang diberikan oleh dosen atau guru. Sebenarnya ada beberapa cara agar kebiasaan menunda bisa kita hilangkan. Tips mengatasi kebiasaan menunda akan kita bahas dalam artikel ini.

Petama-tama, perlu diketahui ternyata kebiasaan menunda juga bisa menimbulkan dampak yang buruk yaitu dapat menjadi salah satu faktor sumber stres dan rasa kecemasan yang berkepanjangan. Bahkan juga dapat mengakibatkan depresi jika dibiarkan terus-menerus.

Maka dari itu kita perlu mengetahui apa sih penyebab terjadinya kebiasaan menunda dan bagaimana cara mengatasinya. 

Baca Juga:5 Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi4 Tips Membeli Makanan Kaleng untuk Sahur

Faktor utama dari sering menunda suatu pekerjaan atau tugas adalah kecemasan, bisa jadi kebiasaan menunda ini disebabkan karena kita terlalu cemas atau stres karena takut tidak bisa menyelesaikannya dengan baik.

Selain itu faktor yang menjadi penyebab kebiasaan menunda juga bisa disebabkan karena kurangnya motivasi, rasa malas, atau kurangnya memiliki rasa tanggung jawab.

Meskipun demikian, kebiasaan menunda dapat diatasi kok. Lalu apa saja sih tips mengatasi kebiasaan menunda yang mungkin bisa dicoba:

Mengetahui penyebabnya

Tips mengatasi kebiasaan menunda yang pertama adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebabnya kenapa kita bisa memiliki kebiasaan menunda? Apakah karena memiliki kecemasan yang berlebihan, kurangnya motivasi dari orang lain atau bahkan kurangnya rasa tanggung jawab dalam diri kita.

Sebab jika kita sudah mengetahui apa penyebabnya pasti kita akan segera mencari solusi untuk masalah kebiasaan menunda ini.

Membuat rencana kerja

Buatlah beberapa rencana kerja yang jelas dan tertata karena dengan cara ini dapat membantu kita untuk melakukan kebiasaan menunda. Buatlah daftar mana kerja yang harus diselesaikan dengan cepat dan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Setelah itu jangan hanya membuat rencana kerja saja tapi juga harus mematuhi dan mengerjakannya sesuai dengan rencana kerja yang dibuat, sehingga kita akan mengetahui apa sih yang harus dilakukan selanjutnya.

0 Komentar