Gawat! Ternyata Ini 3 Penyebab Vespa Klasik Ngebul saat Mesin Dingin, Normalkah begitu?

Vespa Klasik ngebul saat mesin dingin
Penyebab Vespa Klasik ngebul saat mesin dingin. (screenshot youtube/wonderwheels Indonesia)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Bagi kalian pemilik Vespa Klasik, pasti sering menjumpai asap Vespa Klasik ngebul saat mesin dingin, apakah hal tersebut normal?

Vespa Klasik memang memiliki karakter mesin yang berbeda dengan jenis motor pada umumnya. Vespa membawa mesin 2-tak dan salah satu ciri khasnya adalah ngebul.

Lantas, apakah mesin 2-tak selalu ngebul saat dinyalakan? Lalu, apa penyebabnya? Mari temukan jawabannya bersama-sama.

Baca Juga:5 Tips Berburu Vespa Klasik, Panduan untuk Meminang Sekuter Impianmu!Mengerikan! Inilah 4 Mitos di Balik Vespa Klasik yang Beredar di Masyarakat, Beneran Gak Sih?

Pada umumnya, mesin dari sebuah kendaraan bermotor dibedakan dalam dua jenis, yakni mesin 2-tak dan mesin 4-tak, keduanya perbedaan dalam cara kerjanya.

Karakter dan Cara Kerja Mesin 2-tak

Karakter Mesin 2-tak. (instagram/@motorworks)

Mesin 2-tak hanya memiliki dua langkah dalam satu siklus pembakaran. Sedangkan mesin 4-tak mempunyai 4 langkah, yakni hisap, kompresi, usaha dan buang.

Pada siklus pembakarannya yang singkat ini, komponen mesin 2-tak juga lebih sedikit dibanding mesin 4-tak.

Hal ini bisa dilihat dengan mesin 2-tak yang tidak memiiki katup atau valve masuk dan buang. Fungsi valve telah digantikan oleh lubang di dinding silinder.

Lubang tersebut dapat membuk dan menutup karena gerakan piston ruang silinder. Pemasukan dan pembuangan gas diatur melalui saluran disekitar dinding silinder.

Pada saat piston berada diatas atau titik mati atas, terjadilah pembakaran karena uap bensin disambut oleh percikan api busi.

Baca Juga:Bikin Cepet Kaya! Ini 4 Rekomendasi Vespa Klasik untuk Investasi yang Bagus di Masa DepanTernyata Ini 4 Hal yang Bikin Vespa Klasik Bernilai Tinggi dan Jadi Incaran Kolektor, Adakah Semua di Vespamu?

Sebaliknya, saat piston berada dibawah atau titik mati bawah, maka uap bensin baru kemudian masuk dari saluran masuk.

Selanjutnya, saat piston mulai bergerak naik lagi maka terjadi pengulangan kembali langkah pertama pada siklus berikutnya.

Selain itu, perbedaan di mesin 2-tak yakni memburuhkan oli samping. Selain sebagai pelumas yang turun dari piston, oli samping akan bercampur dengan bensin dalam sistem pembakaran.

Pembakaran tersebutlah yang akhirnya terbuang bersamaan dengan gas pada knalpot, yang akhirnya membuat rata-rata mesin 2-tak ngebul, terutama saat mesin dingin.

Penyebab Vespa Klasik Ngebul Saat Mesin Dingin

Penyebab Vespa klasik ngebul. (screenshot youtube/pengangguran scoot)

Nah, untuk lebih detainya simak penyebab Vespa klasik ngebul saat mesin dingin berikut ini, agar kalian tidak kaget saat hal ini terjadi pada Vespa kalian.

0 Komentar