Buka telapak tangan menghadap ke atas dan letakkan di punggung Pak Empo. Salah satu anak memegang biji/ kerikil dan dipindah dari telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya diiringi lagu Cublak-Cublek Suweng. “Cublak cublek suweng, suwenge ting gelenter, mambu ketundung gudel. Pak empo lirak-lirik, sapa mau sing delekke. Sir sir pong dele gosong, sir sir pong dele gosong”. Pada kalimat ”Sapa mau sing delekke” serahkan biji/ kerikil ke tangan seorang anak untuk disembunyikan dalam genggaman.
Di akhir lagu, semua anak menggenggam kedua tangan masing-masing, pura-pura menyembunyikan kerikil, sambil menggerak-gerakkan tangan.Pak Empo bangun dan menebak di tangan siapa biji/ kerikil disembunyikan. Bila tebakannya benar, anak yang menggenggam biji/ kerikil gantian menjadi Pak Empo. Bila salah, Pak Empo kembali ke posisi semula dan permainan diulang lagi.
Dari permainan cublak-cublak suweng yang dilakukan oleh anak-anak di TK Kenanga Tirto dapat melatih kerja sama dan belajar menyimpan rahasia. Selain itu, ternyata anak juga belajar menyanyi, mencocokkan ritme lagu dengan gerakan tangan, mengenal bahasa Jawa, melatih sikap sportif, dan belajar mengikuti aturan itulah beberapa manfaat yang muncul dari anak dengan permainan ini.
Tantangan awal pada saat permainan ini dimainkan oleh anak yaitu menjelaskan ke anak cara permainannya, pada awal permaianan anak belum begitu mengetahui, tapi setelah sekali permainan berlangsung anak bisa mengikuti permainan ini. Anak merasa senang dengan permainan ini apalagi dengan diiringi musik cublak-cublak suweng.
By, Siti Aminah, S.Pd . TK Kenanga Karanganyar Tirto, Kabupaten Pekalongan
Daftar PustakaWikipedia https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=bermain+adalahhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi6p_Xpwuf7AhV17XMBHaYPBbMQFnoECAgQAw&url=https%3A%2F%2Fyankes.kemkes.go.id%2Fview_artikel%2F25%2Fmanfaat-bermain-yang-perlu-kita-ketahui&usg=AOvVaw1PJemHitEV8vnM9E-c_C19https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/viewFile/9758/5649