Tantangan Kotemporer Pembelajaran Bahasa Inggris di Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tantangan Kotemporer Pembelajaran Bahasa Inggris di Jenjang Sekolah Menengah Pertama
Darmawan, S.Pd, M.Pd. Guru Bahasa Inggris SMP 1 Kedungwuni/ Ketua MGMP Bahasa Inggris Kab. Pekalongan
0 Komentar

Kedua, metode pengajaran memiliki peranan yang penting dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar proses belajar mengajar yang baik hendaknya mempergunakan berbagai jenis metode mengajar yang bervariasi. Dalam hal ini tugas guru adalah memilih berbagai metode yang tepat untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Proses belajar didorong oleh motivasi intrinsik peserta didik. Disamping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan peserta didik. Dengan kata lain aktivitas belajar dapat meningkat bila program pembelajaran disusun dengan baik. Problem utama yang menjadi penghalang di dalam mempelajari bahasa Inggris ialah pengetahuan dan pengenalan terhadap bahasa lain, terutama bahasa Inggris, yang akan menjadi problem tersendiri dalam mempelajarinya. Oleh karena itu siswa dalam mempelajari bahasa Inggris harus ada usaha dan kesadaran dengan seluruh daya upaya untuk membentuk suatu kebiasaan baru.Keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Inggris tidak hanya ditentukan oleh faktor metode dan materinya semata, tetapi juga sangat tergantung pada kemampuan dan penguasaan guru bahasa Inggris. Di samping itu, minat dan perhatian peserta didik serta tersedianya sarana pembelajaran juga ikut menentukan keberhasilan pendidikan bahasa Inggris. (*)

0 Komentar