5 Langkah Mengatasi Gangguan Kecemasan agar Kembali Menjadi Tenang

5 Langkah Mengatasi Gangguan Kecemasan agar Kembali Menjadi Tenang
Gangguan kecemasan bisa diselesaikan dengan metoda terapi tertentu. (foto: Hermina Hospital)
0 Komentar

Untuk mengatasi gangguan kecemasan yang berlebihan dalam pandangan hipnoterapi maka ada 5 langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, Tarik Nafas Dalam-dalam

Kebanyakan gangguan kecemasan adalah khawatir yang berlebihan kalau-kalau terjadi apa-apa yang lebih parah. Tenangkan diri terlebih dahulu, tarik nafas dalam-dalam lewat hidung, hembuskan perlahan-lahan lewat mulut. Lakukan berulang-ulang sampai kondisi fisik terasa nyaman. Biasanya 10 kali menarik nafas dalam-dalam badan akan terasa jauh lebih enak

Oksigen yang masuk dalam jumlah yang cukup akan mensuplai sampai ke otak. Otak yang terisi oksigen yang penuh akan menjadikan tubuh semakin nyaman.

Kedua, Gangguan Kecemasan Diselesaikan dengan Ketenangan

Baca Juga:Beda Otak Kiri dan Kanan hanya MitosPertemuan Besar Multaqa Ulama Qur’an Nusantara

Rasa cemas yang berlebihan bisa memunculkan persoalan baru. Contoh sederhana, ketika seseorang menyetir mobil dalam keadaan cemas, bisa saja yang seharusnya menginjak rem malah sebaliknya menginjak gas.

Coba kalau berusha tenang, saatnya menginjak gas ya injak gas dan saatnya menginjak rem ya injak rem. Cara mengatasi gangguan kecemasan agar tidak memunculkan persoalan baru adalah, jangan membuat keputusan dalam waktu singkat saat kondisi cemas. Beri jeda sebentar untuk berpikir secara jernih, apa yang mesti dilakukan agar mendapatkan solusi.

Ketiga, Afirmasi Positif Berulang-ulang

Kedengarannya seperti tidak serius, tapi ini benar-benar serius. Sewaktu gangguan kecemasan hadir, maka katakan kepada diri sendiri.

“Saya tenang….. saya tenang……”

“Saya bisa meyelesaikan masalah dengan baik….”

“Saya bisa menyelesaikan masalah dengan baik…”

“Mulai hari ini dan selanjutnya, kapan pun dan di mana pun, apapun gangguan kecemasan yang hadir dalam diri saya, dapat ditangani dengan baik.”

Percaya atau tidak, otak kita bisa diperintah oleh kita. Tubuh kita pun bisa diperintah oleh kita.

Keempat, Berdamai dengan Gangguan Kecemasan

Bagaimana cara berdamai dengan ganggunan kecemasan? Anggap saja kecemasan itu adalah salah satu bagian dalam tubuh kita. Ajak dialog rasa cemas berlebihan tersebut. Katakan sesuatu kepada gangguan kecemasan tersebut.

“Hai gangguan kecemasan, apa maksud baik Anda sehingga muncul dengan intensitas yang sangat tinggi.”

0 Komentar