Beda Otak Kiri dan Kanan hanya Mitos

Beda Otak Kiri dan Kanan hanya Mitos
0 Komentar

Tim Anderson telah melakukan pindai otak responden berusia 7 hingga 29 tahun. Peneliti memeriksa otak mere-ka saat beristirahat.

Dilansir LiveScience, 5 September 2013, peneliti telah berkesimpulan setelah menganalisis lebih dari 1.000 sampel otak. Wow banyak juga ya. Peneliti menemukan aktivitas pada 7.000 bagian otak (dari 1.000 sampel otak) dan kemudian memeriksa koneksi saraf bagian dalam dan saraf di antara daerah tersebut. Dan rata-rata, kedua sisi otak pada dasarnya sama dalam hal jaringan saraf dan konektivitas. Mereka tak menemukan bukti-bukti bahwa orang tertentu lebih dominan menggunakan otak kiri maupun kanan.

Sepanjang penelitian, semua responden malah menggunakan otak mereka secara bersamaan.

“Benar bahwa beberapa fungsi otak akan terjadi pada salah satu sisi otak. Bahasa akan cenderung dikerjakan otak sebelah kiri dan memperhatikan sesuatu cenderung di kerjakan oleh otak sebelah kanan. Tapi setiap orang tidak cenderung menggunakan salah satu bagian otak saja” kata Dr. Jeff Anderson.

Baca Juga:Pertemuan Besar Multaqa Ulama Qur’an NusantaraAmalkan 1 Hari 1 Asmaul Husna

Akan tetapi kenyataan berikut ini memang benar adanya. Sisi kanan otak mengendalikan sisi tubuh bagian kiri, dan sebaliknya, sisi kiri otak mengendalikan sisi tubuh bagian kanan. Ini artinya, cedera di sisi kiri otak (seperti stroke otak kiri) dapat menyebabkan kerusakan pada belahan kanan tubuh (misalnya lumpuh kaki kanan). Jadi tidak ada hubungannya dengan karakter.

KOK MASIH BANYAK DIANUT????Pengembangan otak kiri dan kanan masih marak dilakukan baik di sekolah, penataran/pelatihan, maupun di kursus oleh para motivator. Ini karena mereka tidak tahu. Atau kalaupun sudah tahu tetap sengaja dilakukan karena alasan tertentu. Dalam praktiknya, mereka kan tidak pernah melakukan apapun terhadap otak secara fisik. Yang dilakukan adalah memberi motivasi, melatih, mendidik, yang pada dasarnya mengaktifkan semua bagian otak di kepala.

OBROLAN:

Menurut mitos, seorang isteri mengalami perkembangan otak kirinya sementara si suami mengalami perkembangan otak kanannya. Otak kiri untuk logika matematika. Otak kanan untuk berdagang. Berikut rekaman pembicaraannya.

Isteri : Wah bagaimana mas, tanggal muda masih 10 hari lagi, uang belanja kita tinggal 5% saja. Yang 95% sudah ludes untuk beli ini itu, untuk makan.

0 Komentar