FIFA Susun Aturan Baru untuk Piala Dunia 2026, Ada Adu Penalti di Fase Grup

FIFA Susun Aturan Baru untuk Piala Dunia 2026, Ada Adu Penalti di Fase Grup
FIFA mempertimbangkan sejumlah aturan baru dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2026.(foto/twitter/@FIFAcom)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – FIFA tengah mempertimbangkan sejumlah aturan baru dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2026. Dalam beberapa laporan yang sudah muncul, aturan baru yang akan diterapkan seperti penambahan jumlah kontenstan dan format baru dalam turnamen.

Yang terbaru, FIFA mempertimbangkan untuk menerapkan penggunaan adu penalti di babak penyisihan grup dalam laga yang berakhir dengan skor imbang.

Sejumlah aturan baru mulai dipertimbangkan oleh FIFA untuk diterapkan dalam Piala Dunia 2026 yang akan digelar bersama oleh Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Baca Juga:Lazismu Borong Empat Penghargaan dalam Ajang IFA Award 2022Dramatis! Perebutan Tiket 16 Besar Grup C Antara Polandia dan Meksiko

Meski belum pasti, dilaporkan bahwa format yang direncanakan yaitu jumlah kontestan akan ditambah dari 32 peserta menjadi 48 peserta. Format grup juga akan dirubah.

Yang saat ini diterapkan, peserta dibagi dalam delapan grup dengan masing-masing berisi empat tim. Sementara konsep format baru yang digodok FIFA, 48 tim peserta akan dibagi dalam 16 grup. Dua tim yaitu juara grup dan runner-up akan maju ke babak 32 besar.

FIFA juga mempertimbangkan untuk menerapkan aturan baru lainnya. Dilansir dari goal.com, The Athletic melaporkan bahwa ada perubahan aturan dalam fase grup yaitu tim dapat melakoni adu penalti jika sebuah laga di fase grup berakhir imbang, dengan bonus poin diberikan kepada pemenangnya.

Demi memerangi potensi kolusi yang bisa terjadi jika adu penalti digelar setelah pertandingan, FIFA bahkan mempertimbangkan gagasan untuk menggelarnya sebelum pertandingan.

Sebelumnya FIFA sudah pernah menegakkan aturan untuk memerangi kolusi, yakni dengan menggelar laga matchday terakhir fase grup Piala Dunia di waktu dan hari yang sama sejak 1986, demi menghindari ‘main mata’ antara tim-tim yang terlibat.

Belum ada kepastian bagaimana format turnamen yang akan diterapkan dalam Piala Dunia 2026. Namun dari laporan yang ada, sejumlah opsi sudah muncul dan tinggal menunggu keputusan dari FIFA apakah akan digunakan atau tetap menggunakan format dan aturan lama.(nul)

0 Komentar