Metode ini memudahkan anak memahami materi yang diajarkan. Selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengamati dan melakukan percobaan. Peserta didik juga dapat membedakan bagian-bagian dari sebuah gambar dengan menyatukan potongan-potongan puzzle menjadi gambar yang benar.
Metode ini juga mengasah peserta didik untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan juga dapat mengembangkan koordinasi motorik halus peserta konvensididik. Seperti kita ketahui anak-anak usia sekolah dasar cenderung menyukai permainan. Jadi dengan penggunaan metode yang tepat, menarik dan menantang dapat berdampak positif meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat mempengaruhi iklim belajar di kelas. Keberhasilan dalam menyampaikan materi tergantung bagaimana pendidik dalam menggunakan metode dan media yang tepat sasaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Penulis: Wartinah.S.Pd.SD, Guru Kelas IV SDN 02 KULU Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan