40 Persen Identitas Anak di Kendal Ditarget Terdaftar di Dispendukcapil

40 Persen Identitas Anak di Kendal Ditarget Terdaftar di Dispendukcapil
SERAHKAN KIA - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto secara simbolis menyerahkan KIA kepada anak-anak saat layanan Dispendukcapil di Tirto Arum Baru, Sabtu (17/12/2022). (DOK ISTIMEWA)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Identitas kependudukan untuk anak dinilai penting, baik bagi anak bersangkutan dan orang tua maupun pemerintah. Karena itulah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menargetkan 40 persen anak di wilayahnya bisa terdaftar identitasnya.

Hal itu disampaikan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Ratna Mustika Ningsih, di sela kegiatan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipul di Obyek Wisata Tirto Arum Baru, Sabtu (17/12/2022). Kegiatan ini juga melayani administrasi kependudukan bagi anak hingga memberikan Katu Identitas Anak (KIA) yang secara simbolis diserahkan Bupati Kendal.

Ratna mengatakan, pihaknya menargetkan 40 persen anak di Kabupaten Kendal bisa tercatat di Dispendukcapil. Ia menyebut nomor induk anak ini amat penting karena akan digunakan sampai anak berusia 17 tahun untuk selanjutnya diganti menjadi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan nomor yang sama.

Baca Juga:Kembali Dilantik jadi Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Thohir Siap Garap Remaja MasjidAlhamdulillah, 1.000 Masjid di Kabupaten Kendal Sudah Kantongi IMB

Adapun sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 644 anak dan telah dicetakkan KIA dan kartu identitasnya. “Target Dispendukcapil Kabupaten Kendal, saat ini sebesar 40 persen dari anak- anak yang terdaftar di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Ratna berharap, semua penduduk bisa terdata di Dispendukcapil agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi baik melalui medsos, web, kerjasama dengan Disdikbud Kabupaten Kendal, jemput bola serta kolaborasi dengan sejumlah pihak, agar pendataan penduduk ini bisa tuntas.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, pemberian kartu identitas anak diharapkan menjadi salah satu program pemerintah pusat melalui kabupaten.

“Harapan besar tentu pemerintah pusat bisa memberikan identitas kepada anak- anak kita dan mudah- mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik dan tujuannya tentu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Kendal,” jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Pada kesempatan itu Dico M. Ganinduto turut menyampaikan pesan kepada para orang tua, bahwa minat dan bakat yang dimiliki seorang anak untuk dapat didukung, karena pemerintah daerah sekarang fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. (sef)

0 Komentar