Turun Berok alias Hernia: Jenis, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Turun berok atau hernia, gejala, penyebab, dan pengobatannya
Ilustrasi penyakit hernia. (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Turun berok, atau secara medis disebut hernia, merupakan suatu penyakit yang terjadi ketika organ dalam atau bagian tubuh lain menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasanya mengandungnya.

Kebanyakan hernia terjadi di dalam rongga perut, antara dada dan pinggul.

Dilansir dari Clevelandclinic, ada beberapa jenis maupun bentuk hernia. Beragamnya jenis hernia ini, beragam pula cara pengobatannya.

Jenis-Jenis Hernia :

Baca Juga:Naik ke Ranking 5 Dunia, Anthony Ginting Menempel Ketat Jonathan Christie7 Keterampilan yang Harus Dimiliki Pemuda Masa Kini di Era Digital

  • Hernia Inguinalis : Hernia ini terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria, kanalis inguinalis adalah saluran untuk korda spermatika dan pembuluh darah yang menuju ke testis. Pada wanita, saluran inguinalis berisi ligamen bundar yang menopang rahim. Pada hernia inguinalis, jaringan lemak atau bagian usus menonjol ke selangkangan di bagian atas paha bagian dalam. Ini adalah jenis hernia yang paling umum, dan lebih sering menyerang pria daripada wanita.
  • Hernia Femoralis : Jaringan lemak atau bagian dari usus menonjol ke selangkangan di bagian atas paha bagian dalam. Hernia femoralis jauh lebih jarang daripada hernia inguinalis dan terutama menyerang wanita yang lebih tua.
  • Hernia Umbilikalis : Jaringan lemak atau bagian usus terdorong melalui perut dekat pusar.
  • Hernia Hiatal (Hiatus) : Bagian perut terdorong ke dalam rongga dada melalui lubang di diafragma (lembar otot horizontal yang memisahkan dada dari perut).
  • Hernia Insisional : Jaringan menonjol melalui lokasi bekas luka perut dari operasi perut atau panggul yang jauh.
  • Hernia Epigastrium : Jaringan lemak menonjol melalui daerah perut antara pusar dan bagian bawah sternum (tulang dada).
  • Hernia Spigelian : Usus mendorong melalui perut di sisi otot perut, di bawah pusar.
  • Hernia Diafragma : Organ-organ di perut bergerak ke dada melalui lubang di diafragma.

Dari semua jenis hernia tadi, yang paling sering atau paling umum terjadi adalah hernia ininguinal atau femoralis, persentasenya mencapai 75% sampai 80%.

Penyebab Penyakit Hernia :

Beragam jenis hernia, beragam pula penyebabnya. Untuk hernia inguinalis dan femoralis, biasanya disebabkan oleh otot yang melemah yang mungkin telah ada sejak lahir, atau berhubungan dengan penuaan dan ketegangan berulang pada area perut dan selangkangan.

0 Komentar