Peringatan HKSN dan HDI 2022, Meneguhkan Komitmen Membangun Kepedulian Sosial

Peringatan HKSN dan HDI 2022, Meneguhkan Komitmen Membangun Kepedulian Sosial
HKSN - Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022 di Pendopo Bupati, Selasa (27/12). (Foto Magelang Ekspres)
0 Komentar

WONOSOBO – Peringatan HKSN dan HDI Tahun 2022 harus dijadikan sebagai momentum, untuk mewujudkan solidaritas serta kiprah dari seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama, saling membantu, peduli dan dapat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama.

“Peringatan HKSN dan HDI tahun 2022 untuk meneguhkan komitmen membangun kepedulian terhadap masalah sosial secara bersama sama,” ungkap Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat saat memperingati Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022 di Pendopo Bupati, Selasa (27/12).

Menurutnya, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 ini, dapat dijadikan sebagai momentum yang strategis serta tonggak bagi peningkatan nilai-nilai kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap keberadaan penyandang disabilitas akan semakin meningkat.

Baca Juga:Koper Misterius di Pusat Kota, Polres Wonosobo Kerahkan Tim GeganaAnggota Peradi Harus Konsisten Membantu Pencari Keadilan

“Peran Pilar-pilar Sosial, dunia usaha dan swasta, relawan beserta seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan peran serta partisipasinya, dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial di Kabupaten Wonosobo,” katanya.

Sedangkan peringatan Hari Disabilitas Internasional pada dasarnya sebagai pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas, dan peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian terhadap penyandang disabilitas. Dan untuk menggugah kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya upaya pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Ini momentum untuk meyakini, bahwa penyandang disabilitas adalah salah satu potensi kekuatan bangsa, bukan beban bagi negara, yang mengisyaratkan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama melakukan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas, dengan melibatkan mereka secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan,” ujarnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada seluruh komponen yang telah mendukung dan memberikan motivasi kepada para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), sehingga meskipun dalam kondisi sulit, mereka dapat menghadapi kehidupan secara lebih bersemangat, lebih baik, lebih sehat, serta lebih berkualitas.

“Kami ucapkan terima kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesejahteraan sosial di Kabupaten Wonosobo, dan menunggu akselerasi program dan kegiatan bagi penanganan masalah sosial ke depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsos PMD, Dra. Harti MM mengatakan berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka peringatan HKSN sekaligus HDI Tahun 2022 ini. Seperti Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027, Pelaksanaan Kegiatan Rehabilitasi Sosial bagi PPKS baik APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.

0 Komentar