Mau Kuliah? Ini 5 Universitas Negeri Biaya Kuliah Termurah

Mau Kuliah? Ini 5 Universitas Negeri Biaya Kuliah Termurah
Ilustrasi wisuda (@brgfx/freepik.com).
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan id – Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi biasanya banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Selain jurusan dan Universitas yang diminati, besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) juga menjadi bahan pertimbangan yang tidak kalah penting untuk menyesuaikan tingkat kemampuan ekonomi bagi para calon mahasiswa.

Berdasarkan Kepmenristekdikti RI Nomor 194/M/KPT/2019 Tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Angkatan 2019, berikut deretan kampus negeri dengan biaya kuliah termurah

Baca Juga:Kontingen SMK Muhammadiyah Kedungwuni Ikuti Samurai FestivalAkreditasi Lembaga, Syarat Terima Program Bantuan Pemerintah

  1. Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)

Unsoed menjadi salah satu Universitas Negeri dengan biaya kuliah termurah. Meski sudah memiliki nama yang cukup famous nyatanya Unsoed tetap menjadi perguruan tinggi yang mudah dijangkau oleh siapa saja.

Universitas yang terletak di Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122 ini memiliki 12 Fakultas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Budaya dan lain sebagainya.

Kendati demikian, Unsoed tetap memberikan biaya UKT yang murah bagi mahasiswanya.Biaya UKT paling murah yaitu Rp 500.000.UKT tertinggi untuk jenjang sarjana adalah Rp 3000.000- 7.500.000.

Sedangkan UKT Kedokteran tertinggi mencapai Rp 17.000.000. Besaran biaya UKT yang berbeda tergantung prodinya.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas kedua yang memiliki biaya murah adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Seperti namanya Universitas Negeri ini terletak di Yogyakarta tepatnya Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Biaya kuliah di UNY dihitung berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua calon mahasiswa. Biaya termurah yaitu Rp 500.000.Sedangkan yang tertinggi tergantung masing-masing prodi yang dimulai dari Rp 4.940.000 – 5.645.000.

  1. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo merupakan Universitas Negeri yang terletak di Jawa Timur, tepatnya Jl. Raya Telang, Perumahan Telang Inda, Telang, Kec. Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69162.

Baca Juga:SD Muhamka Raih Juara Umum I Kejurda 7 Tapak Suci Pindah 014Bikin Nagih, 3 Kuliner Khas Pekalongan ini wajib Kamu Coba

Universitas ini memiliki tujuh Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi & Bisnis, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Keislaman, dan Ilmu Pendidikan.

0 Komentar