Ad-lib Speaking, Bikin Kamu Selalu Siap Bicara Dadakan

Ad-lib speaking, tips siap bicara dadakan
Teknik ad-lib speaking bikin tuntutan bicara secara mendadak tidak lagi menjadi masalah. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Dalam situasi tertentu, tuntutan untuk berbicara secara dadakan atau tanpa persiapan terkadang tidak dapat dihindari. Menjadi sebuah persoalan ketika seseorang belum terbiasa dengan situasi ini. Perasaan cemas dan gugup berpotensi muncul ketika tiba-tiba ‘ditodong’ untuk berbicara, terutama karena tidak tahu harus mengatakan apa. 

Kondisi ini bisa saja terjadi ketika kamu diminta menyampaikan pendapat tentang suatu hal, dijatuhi pertanyaan tertentu dalam pelatihan, hingga untuk menyampaikan kesan pesan tentang suatu acara.

Ad-lib speaking menjadi teknik berbicara di depan umum yang dapat menjadi solusi dari persoalan yang kerap terjadi ini. Ad-lib berasal dari bahasa Latin ad libitum yang berarti spontan atau penuh improvisasi. Istilah ini merujuk pada teknik berbicara tanpa naskah, di mana pembicara bebas untuk berimprovisasi dengan gaya yang dimiliki.

Cara latihan ad-lib speaking

Baca Juga:Love Bombing: Dicintai atau Dimanipulasi?Ngomong Keren Tanpa “Eee” atau “Emmm”: Yuk, Kurangi Filler Words atau Gagap Saat Berbicara!

Teknik ad-lib speaking penting untuk dipelajari agar kamu selalu siap ketika berada di situasi yang mengharuskanmu berbicara spontan di depan umum. Cara ini membuatmu mampu menemukan materi untuk dikatakan dalam waktu yang relatif singkat. Kamu bisa menguasai teknik ini dengan melakukan dua langkah latihan sederhana.

Pertama, pilih satu kata untuk dideskripsikan. Ketika berlatih, kamu bisa memilih kata apa saja, baik kata benda, kerja, sifat, dan lainnya. Pastikan kamu mengatur fokus dirimu hanya pada kata tersebut.

Kedua, mulai deskripsikan kata tersebut dengan gaya yang kamu miliki. Jelaskan kata tersebut dari berbagai sisi sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki. Dalam proses ini, biarkan kepalamu merangkai kalimat secara natural asal masih berkaitan dengan kata yang kamu pilih. Kamu juga bisa mengatur waktu untuk berbicara, misalnya mulai dari tiga puluh detik hingga satu menit.

Ketika sudah dihadapkan pada situasi nyata, kamu dapat memilih satu kata sesuai topik yang harus kamu bicarakan, kemudian elaborasikan kata tersebut tanpa membuatnya melenceng dari pembahasan. Latihan ad-lib speaking akan membuatmu terbiasa untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih lancar, sehingga berbicara spontan tentang suatu topik tidak lagi menjadi persoalan besar bagimu. Karena kamu sudah memahami trik untuk menciptakan materi dalam waktu yang singkat.

0 Komentar