Ikuti Saran Dermatologist, Begini 6 Cara Melembapkan Kulit Kering

cara melembapkan kulit kering, cara hidrasi kulit kering
Radar Pekalongan - Ikuti Saran Dermatologist, Begini 6 Cara Melembapkan Kulit Kering (Ilustrasi foto oleh Alexander Grey dari Unsplash )
0 Komentar

Cara Melembapkan Kulit Kering – Kulit kering merupakan satu dari sekian banyakhal yang bisa membuat seseorang merasa risih dan tidak percaya diri. Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya hidrasi pada kulit hingga menyebabkan kulit kekurangan zat air.

Kulit kering biasaya ditandai dengan munculya bercak pecah-pecah seperti sisik pada kulit, rasa gatal serta permukaan kulit yang kasar.

Selain dari kebiasaan sehari-hari, kulit kering juga bisa bermula dari adanya penyakit seperti eksim dan psoriasis.

Baca Juga:Ad-lib Speaking, Bikin Kamu Selalu Siap Bicara DadakanLove Bombing: Dicintai atau Dimanipulasi?

Penyebab Umum Kulit Kering

1. Cuaca

Kulit kering biasanya kehilangan banyak cairan tubuh. Cuaca panas saat kemarau bisa memicu kondisi memburuk karena kulit lebih rentah dehisrasi. Namun, cuaca dingin saat musim hujan juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

2. Matahari

Selain dehidrasi, paparan sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet yang mampu menerobos hingga bagian terdalam kulit, menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alami dan nampak kusam.

3. Mandi Air Hangat

Air hangat sangat berguna untuk relaksasi, terutama setelah seharian bekerja dan belajar. Namun, terlalu lama dan terlalu seirng mandi air hangat juga bisa menyebabkan kulit mejadi kering. Jika kamu suka mandi air hangat, sebagiknya perhatikan lagi waktu yang kamu habiskan.

4. Dehidrasi

Kurang minum air puih bisa memperparah kondisi kulit yang selalu terkena paparan sinar matahari. Kelembapan alami yang menipis dan kurangnya asupan cairan bisa membuat kulit kamu dehidrasi parah. Hal ini bisa menyebabkan kulit kamu kering dan mengelupas. Usahakan minum air putih sebanyak 1,5 L – 2 L perhari.

5. Pemakaian Obat Tertentu

Konsumsi obat keras hingga obat ringga obat ringan juga bisa membawa efek saming pada kulit. Zat seperti retinol, asam glikolat, asam salisilat, dan benzoil peroksida yang ada di obat-obat penghilang jerawat biasanya bisa memicu kulit kering.

6. Gejala Penyakit Tertentu

Penyakit seperti eskim dan psoriasis adalah contoh dari penyakit kulit yang meiliki gejala kulit kering, pecah-pecah, kusam, kasar, berkerak hingga berdarah. Jika sudah seerti ini, disarankan untk segera menemui dokter kulit.

Cara Melembapkan Kulit Kering

0 Komentar