Jangan Sampai Jalani Perawatan Seumur Hidup, Yuk Pahami Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2

Jangan Sampai Jalani Perawatan Seumur Hidup, Yuk Pahami Cara Mencegah Diabetes Melitus Tipe 2
Salah satu upaya mencegah diabetes tipe 2 dengan mengurangi makanan manis. (Sumber:freepik.com)
0 Komentar

  1. Banyak minum air putih

Mencegah diabetes bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, minuman energi, dan jus buah kemasan. Nah, daripada minum yang manis-manis, baiknya minum air putih saja.

Supaya Anda terbiasa mengonsumsi air putih untuk mencegah diabetes, mulailah dengan membawa botol minum sendiri ke mana pun Anda pergi. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur Anda.

  1. Deteksi sedini mungkin

Dalam mencegah diabetes, ada hal yang perlu Anda perhatikan selain menerapkan pola hidup sehat, yaitu mendeteksi sedini mungkin. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa dideteksi melalui Skrining Riwayat Kesehatan.

Baca Juga:Hujan Intensitas Tinggi, Yuk Waspadai Tanda-tanda akan Terjadinya LongsorGeger Proyek Jalan Bumirasa – Panumbangan, Kontraktor Siap Bertanggung Jawab

Skrining Riwayat Kesehatan merupakan pengisian pertanyaan tentang riwayat kesehatan diri sendiri, keluarga dan pola konsumsi makanan untuk mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin.

Kini, masyarakat khususnya peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat melakukan Skrining Riwayat Kesehatan di berbagai kanal yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, yang meliputi: Aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Chat Assistance BPJS Kesehatan (CHIKA), dan Aplikasi Pcare FKTP.

Jika setelah mengisi Skrining Riwayat Kesehatan dan peserta berisiko terkena diabetes sedang atau tinggi, maka peserta dapat pergi ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Skrining Diabetes Melitus akan dilakukan melalui Pemeriksaan GDP (Gula Darah Puasa) – GDPP (Gula Darah 2 jam Setelah Makan) kepada peserta berisiko diabetes melitus berdasarkan hasil anamnesa dan pemeriksaan fisik FKTP.

BPJS Kesehatan memiliki program khusus terkait peserta yang menderita diabetes melitus dan hipertensi. Peserta JKN yang sudah ditegakkan diagnosisnya sebagai pasien diabetes didorong untuk bergabung sebagai Peserta Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di faskes tingkat pertama di mana peserta terdaftar. (had)

Sumber tulisan: https://hellosehat.com/diabetes/tipe-2/cara-mencegah-diabetes/

0 Komentar