Kedua, awal pembelajaran siswa sudah terlihat jenuh dan tidak bersemangat, guru harus dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Ketiga, Ketika belajar di siang hari ketika anak-anak sudah mulai merasa lelah sehingga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik, kita sebagai guru harus menyiapkan strategi yang dapat membuat siswa lebih berkonsentrasi ketika belajar.
Keempat, Yang harus dilakukan guru agar peserta didik bisa fokus pada pembelajaran, yaitu dengan menumbuhkan semangatnya lagi dengan cara seperti meneriakkan yel- yel. Padahal semangat belajar menjadi salah satu modal utama dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebab dengan adanya semangat ini proses belajar pun jadi sangat menyenangkan.
Baca Juga:78 Pejabat Struktural Dilantik, Ini Pesan Tegas Bupati Fadia ArafiqBingung Masak Apa?, Ini Resep Rica Rica Mentok Cak Gondrong Asli Pekalongan
Pengelolaan kelas bertujuan untuk mengantisipasi kondisi kelas yang ricuh atau kacau. Kekacauan dalam kelas dapat mengganggu proses belajar mengajar, biasanya hal tersebut terjadi karena hal-hal yang kecil. Dari penerapan yang penulis lakukan diatas hasilnya setiap siswa di kelas dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib dan disiplin sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.(*)
Penulis : Rini Astuti, S.Pd.SD
Guru Kelas 6 SDN 01 Sinangohprendeng Kec. Kajen Kab. Pekalongan