Awas !! Inilah 4 Kesalahan Pola Asuh yang Bisa Sebabkan Rusaknya Kesehatan Mental Anak

Awas !! Inilah 4 Kesalahan Pola Asuh yang Bisa Sebabkan Rusaknya Kesehatan Mental Anak
Salah pola asuh bisa menyebabkan rusaknya mental anak (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

3. Mengatasi semua masalah anak

Sebagai orang tua yang menyayangi anaknya, tentunya tidak ingin melihat anak kita dalam kesulitan bukan?

Sebagai orang tua, kita pasti ingin membantu anak menghadapi kesulitan yang dialami. Tapi sebenarnya pola asuh seperti ini termasuk pola asuh yang salah lho.

Orang tua yang selalu mengatasi masalah anaknya, tentu akan membuat anak tidak memiliki kemampuan problem solving untuk mengatasi masalahnya sendiri.

Baca Juga:Inilah Kumpulan Doa Menuntut Ilmu untuk Anak Agar BermanfaatInilah 3 Keistimewaan Hari Rabu Menurut Islam yang Jarang Diketahui Orang !

Hal yang lebih serius terjadi adalah dampak negatif dari anak yang tidak bertanggung karena terbiasa bergantung pada orang tuanya.

4. Memuji keberhasilan daripada kerja keras.

Ketika seorang anak berhasil orang tua pasti sangat bangga, lalu menunjukkan rasa banggamu memuji dengan kata-kata “kamu anak yang pintar”.

Sebenarnya tidak ada hal yang salah dengan pujian tersebut, yang menjadi permasalahan adalah ketika orang tua hanya memuji keberhasilan anak tanpa memuji prosesnya.

Memuji hanya keberhasilan anak bisa membuat anak rendah diri jika tidak berhasil, dan ia juga bisa menghalalkan segala cara untuk mencapai sebuah keberhasilan.(*)

0 Komentar