Ketahui 6 Ciri Toxic Relationship Supaya Terhindar dari Hubungan Tidak Sehat

ciri toxic relationship, hubungan beracun, hubungan tidak sehat
Radar Pekalongan - Ketahui 6 Ciri Toxic Relationship Supaya Terhindar dari Hubungan Tidak Sehat (Ilustrasi foto oleh The HK Photo Company dari Unsplash)
0 Komentar

  • Berteriak atau membentak
  • Call names atau memanggil dengan sebutan-sebutan menyakitkan hati
  • Melempar atau menghancurkan barang
  • Mengintimidasi dengan fisik dan psikologis

Ada juga cara komunikasi yang terbilang “lebih halus.” Namun hal ini sulit untuk dibedakan, apakah ini hanya argumen sesaat atau termasuk toxic relationship. Diantaranya adalah:

  • Silent treatment atau mendiamkan
  • Menaruh kesalahan pada orang lain
  • Menyela atau memotong kalimat orang lain
  • Talk back atau merespon pembicaraan alih-alih memahami

Jika cara berkomunikasi seperti ini terus berlanjut, maka akan menimbulkan ketegangan dalam hubungan dan memunculkan buih-buih ketidakpercayaan antar pasangan.

3. Cemburu Buta

Salah satu hal yang sering menjadi penghancur hubungan adalah rasa tidak percaya seseorang terhadap pasangannya.

Baca Juga:Money Script Tentukan Caramu Memandang Uang dalam 4 Tipe5 Hour Rule, Cepat Luangkan Waktu untuk Sukesmu!

Cemburu adalah perasaan yang wajar terjadi, dan hal ini menjadi tanda sayang bahwa seseorang tidak ingin kehilangan pasangannya. Namun jika perasaan cemburu ini kelewat batas, hal ini bisa menjadi bom waktu yang berisiko besar bagi hubungan tersebut.

4. Hubungan yang Mengekang

Ciri-ciri toxic relationship yang perlu diwaspadai adalah pasangan yang suka mengatur dan mengekang. Misalnya, pasangan tidak memperbolehkan kita berinteraksi dengan teman lawan jenis, harus segera angkat telpon, harus transfer uang, harus punya waktu setiap saat, harus ini dan tidak boleh itu.

Lebih berbahaya lagi jika pasangan sudah mengancam untuk selalu dituruti permintaannya. Hal ini sudah sangat tidak sehat dan kita harus segera mundur dari hubungan tersebut.

5. Tidak Jujur

Perkataan tidak jujur dalam toxic relationship bisa datang dari dua arah, dari kita dan dari pasangan.

Misal, kita sering berbohong mengatakan dengan siapa kita pergi dan lainnya karena merasa resah atau bahkan takut untuk bertemu dengan pasangan. Hal ini bisa jadi pertandan adanya toxic relationship.

Kebohongan yang datang dari pasangan bisa berupa hal yang sama. Dan yang parah jika kebohongan pasangan bisa sampai merugikan secara fisik, mental dan materi.

6. Manipulatif

Ciri-ciri toxic relationship lainnya yang sulit terlihat adalah perilaku manipulatif. Maniulatif adalah sifat yang menyerang mental serta emosi secara langsung namun “halus.”

0 Komentar