Pantang Dimakan Ibu Menyusui !! 4 Makanan Ini Bisa Ganggu Produksi ASI

Pantang Dimakan Ibu Menyusui !! 4 Makanan Ini Bisa Ganggu Produksi ASI
Makanan yang bisa menggangu produksi ASI (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Ibu menyusui harus sangat memperhatikan kondisi ASI, apakah ASI bisa diproduksi secara sempurna? Apakah ASI memiliki kandungan yang baik ? Karena ASI merupakan makanan utama bayi hingga umur 6 bulan. Oleh karenanya penting bagi seorang ibu untuk memperhatikannya.

Banyak ibu yang menyusui bertanya-tanya apakah makanan yang mereka makan bisa mempengaruhi kualitas ASI? Karena beberapa orang beranggapan ada pantangan makanan yang tidak bisa dimakan oleh ibu menyusui karena bisa menghambat produksi ASI.

Hal ini harus diketahui oleh semua ibu menyusui untuk menjamin nutrisi yang penting untuk bayi.

Jenis pantangan makanan untuk ibu menyusui

Baca Juga:Masih Bingung Cari Hadiah Imlek? 4 Hadiah Ini Bisa Jadi Refrensi lho !Jangan Sampai Ketinggalan, Segera Cek 12 Tahapan Seleksi Masuk PTN Jalur SNBP 2023

Jika berbicara tentang pengaruh makanan pada ASI, sebenarnya apapun makanan yang dimakan oleh ibu nutrisi ASI yang diberikan bayi akan tetap sama sesuai dengan kebutuhan bayi. Namun pola makan ibu menyusui memang mempengaruhi produksi ASI,

Oleh karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang pantang untuk ibu makan saat menyusui, antara lain:

  1. Ikan tinggi merkuri

Ikan adalah sumber asam docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Namun ternyata ada beberapa ikan dan makanan laut yang mengandung merkuri tinggi sehingga justru jadi racun untuk bayi.

Makanan yang terkandung merkuri akan merusak saraf otak bayi sehingga menyebabkan keterlambatan tumbuh kembang bayi dalam hal motorik halus, perkembangan bicara dan bahasa, dan kesadaran visual-spasial.

Contoh ikan yang harus dihindari karena mengandung merkuri tinggi yaitu :

Tuna mata besar.Ikan raja makarel.Marlin.Hiu.Ikan todak.Tilefish.

  1. Minuman beralkohol

Ibu menyusui harus berhenti meminum minuman yang mengandung alkohol, sebab minuman tersebut lebih banyak menyerap ASI dari pada aliran darah ibu.

Jika ibu sering mengkonsumsi minuman beralkohol akan menyebabkan masalah:

Penurunan produksi ASI.Memengaruhi let-down reflex.Bayi akan terkena paparan alkohol melalui ASI.

Baca Juga:Resmi Dibuka, Jalur Prestasi Masuk PTN Islam Melalui SPAN-PTKIN Segera Cek Syarat-syaratnya!Diberikan Hak Istimewa Daftar SNBP 2023, Apa Itu Siswa Eligible?

  1. Kafein

Tidak bermasalah kalau minum kopi satu atau dua cangkir tiap hari, namun ibu menyusui tidak boleh lebih dari itu.

Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, namun juga pada teh, cokelat, obat sakit kepala dan minuman bersoda.

0 Komentar