Resmi Dibuka, Jalur Prestasi Masuk PTN Islam Melalui SPAN-PTKIN Segera Cek Syarat-syaratnya!

Resmi Dibuka, Jalur Prestasi Masuk PTN Islam Melalui SPAN-PTKIN Segera Cek Syarat-syaratnya!
Pendaftaran jalur prestasi PTJ Islam resmi dibuka (foto : web Kemenag)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sudah mulai dibuka sejak tanggal 1 Januari 2023 lalu, pembukaan masuk PTN Islam melalui SPAN – PTKIN ini dimulai dengan pengisian PDSS oleh sekolah.

SPAN-PTKIN adalah seleksi secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan dilaksanakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI Biaya pelaksanaan SPAN- PTKIN di biayai langsung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya sama sekali.

SPAN-PTKIN sendiri diikuti oleh 59 UIN/IAIN/ STAIN.Calon peserta SPAN-PTKIN berasal dari MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah.

Baca Juga:Diberikan Hak Istimewa Daftar SNBP 2023, Apa Itu Siswa Eligible?Apa Sih Keuntungan Jadi Siswa Eligible ?

Pola seleksi hampir sama dengan SNBP miliki Kemdikbudristek, siswa yang konsisten memiliki prestasi akan diberikan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di perguruan tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Ketentuan umum dan persyaratan SPAN-PTKIN 2023.

Ketentuan umum :

1. SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional berdasarkan penjaringan siswa yang memiliki prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi lain berupa portofolio, bukan tes tertulis.

2. Lembaga pendidikan yang berhak mengikuti SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

3. Siswa yang mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah masing-masing.

Syarat-syarat siswa yang bisa mengikuti SPAN-PTKIN:

1. Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.

2. Memiliki prestasi akademik serta memenuhi syarat-syarat dari perguruan tinggi yang diinginkan.

3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)4. Memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Program studi dan jumlah pilihan SPAN-PTKIN 2023

0 Komentar